Tautan-tautan Akses

Presiden Korea Selatan Berkunjung ke Beijing


Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak (tengah) disambut Presiden Hu Jintao di Beijing (9/1).

Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak (tengah) disambut Presiden Hu Jintao di Beijing (9/1).

Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak tiba di Beijing hari ini dalam rangka kunjungan resmi kenegaraan. Kunjungan tersebut akan membicarakan transisi kepemimpinan Korea Utara setelah meninggalnya Presiden Kim Jong-Il bulan lalu.

Dalam kunjungan selama tiga hari, Lee dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao, Perdana Menteri Wen Jiabao, dan para pejabat tinggi lainnya.

Dalam keterangannya hari Minggu, kantor Lee mengatakan kedua presiden akan membicarakan cara-cara mengembangkan lebih jauh kemitraan strategis bilateral dan langkah-langkah kerjasama untuk perdamaian dan kestabilan di semenanjung Korea. Mereka juga saling bertukar pandangan mengenai masalah Asia dan global.

Kedua negara mengamati dengan seksama keadaan di Korea Utara karena adanya kekhawatiran bahwa perebutan kekuasaan dapat menggoyahkan negara yang bersenjata nuklir itu.

Latar belakang sosok pengganti Kim, Kim Jong-un, putra Kim yang menjadi jenderal berbintang empat tahun lalu, tidak banyak diketahui publik.

Kim Jong-un pernah mendampingi ayahnya dalam beberapa kunjungan ke seluruh Korea Utara baru-baru ini dan kabarnya telah melibatkan dirinya dalam kebijakan luar dan dalam negeri

XS
SM
MD
LG