Tautan-tautan Akses

Presiden Kenya Rayakan Pencabutan Dakwaan Mahkamah Internasional


Presiden Kenya Uhuru Kenyatta menginspeksi pasukan sebelum berpidato di gedung Parlemen di Nairobi (31/3). (Reuters/Thomas Mukoya)

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta menginspeksi pasukan sebelum berpidato di gedung Parlemen di Nairobi (31/3). (Reuters/Thomas Mukoya)

Uhuru Kenyatta dan lima orang lainnya didakwa atas kejahatan terhadap kemanusiaan menyusul kematian 1.000 orang menyusul konflik akibat pemilihan presiden tahun 2007.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mengadakan pawai hari Sabtu (16/4) yang dihadiri ribuan orang untuk merayakan dicabutnya dakwaan kejahatan terhadap kemanusiaan terhadapnya, Wakil Presiden William Ruto dan empat orang lainnya di Mahkamah Pidana Internasional.

Pawai itu telah ditentang oleh pemimpin oposisi Raila Odinga dan beberapa anggota lembaga swadaya masyarakat. Mereka mengatakan acara itu tidak menghormati penderitaan korban tindak kekerasan yang telah membuat 1.000 orang tewas dan 600 ribu orang lainnya harus mengungsi, menyusul pemilihan presiden yang disengketakan tahun 2007.

Kenyatta dan Wakil Presiden William Ruto, yang berada dalam pihak yang berlawanan dalam konflik itu, mengatakan hari Sabtu (16/4) bahwa koalisi mereka adalah bukti tekad mereka untuk mengurangi ketegangan antara kelompok-kelompok politis dan etnis. [gp]

XS
SM
MD
LG