Tautan-tautan Akses

Presiden Karzai Serukan NATO Tarik Tentaranya dari Desa-Desa Afghanistan


President Afghanistan Hamid Karzai menyerukan agar tentara NATO ditarik dari desa-desa di Afghanistan.

President Afghanistan Hamid Karzai menyerukan agar tentara NATO ditarik dari desa-desa di Afghanistan.

Seruan Karzai agar tentara NATO kembali ke pangkalan mereka diumumkan setelah insiden penembakan 16 warga sipil Afghanistan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyerukan agar NATO menarik tentaranya dari desa-desa Afghanistan dan pindah ke pangkalan mereka, setelah pembunuhan 16 penduduk Afghanistan selatan oleh seorang tentara Amerika.

Pernyataan itu dikeluarkan hari Kamis sementara Taliban mengumumkan pihaknya menghentikan perundingan perdamaian dengan Amerika, sampai Amerika menjelaskan sikapnya mengenai isu-isu seperti pertukaran narapidana. Amerika kabarnya melakukan perundingan awal dengan Taliban di Qatar untuk mencari penyelesaian politik atas perang Afghanistan, sementara pasukan internasional mulai ditarik dari negara itu.

Karzai memberitahu Menteri Petahanan Amerika Leon Panetta bahwa pemerintah Afghanistan ingin memegang kontrol penuh atas keamanan negara itu tahun 2013, bukan tahun 2014 seperti rencana semula. Dalam pembicaraan di Kabul, Karzai menegaskan Afghanistan siap mengambilalih semua tanggung jawab keamanan sekarang juga.

Karzai juga minta agar NATO menarik diri dari wilayah pedesaan, setelah pembunuhan 16 orang termasuk anak-anak, hari Minggu oleh seorang tentara Amerika. Tentara itu kemudian menyerahkan diri.

Karzai mengatakan semua harus dilakukan untuk mencegah terulangnya peristiwa seperti itu. Panetta berjanji bahwa pelaku penembakan itu akan diadili.

Tentara Amerika itu diterbangkan keluar dari Afghanistan ke Kuwait Rabu malam. Letnan Jenderal Curtin Scaparotti menjelaskan, ia dibawa keluar dari Afghanistan demi keselamatannya dan untuk memudahkan akses layanan hukum.

XS
SM
MD
LG