Tautan-tautan Akses

Presiden Karzai Berharap Pasukan Asing Segera Ditarik dari Afghanistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengharapkan pasukan asing di negaranya sesegera mungkin ditarik kembali ke pangkalan mereka (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengharapkan pasukan asing di negaranya sesegera mungkin ditarik kembali ke pangkalan mereka (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan tahun 2013 pengalihan kontrol keamanan akan selesai dilangsungkan dan tidak akan ada lagi aktivitas pasukan asing di negara itu.

Presiden Afghanistan mengatakan Sabtu (15/12) bahwa pasukan Amerika dan NATO -- yang mengalihkan tanggungjawab keamanan kepada pasukan Afghanistan -- sebaiknya meninggalkan negara itu sesegera mungkin dan kembali ke pangkalan-pangkalan mereka.

Amerika sebelumnya mengatakan bahwa mulai pertengahan tahun 2013, Amerika dan sekutu-sekutunya akan beroperasi di lebih sedikit pangkalan militer dan bahwa penarikan suplai dan peralatan militer dari Afghanistan akan dipercepat. Namun, pernyataan dari pemimpin Afghanistan itu mengisyaratkan, ia ingin rencana itu segera diwujudkan.

Karzai mengatakan, pasukan Amerika dan NATO akan mundur dari Afghanistan pada akhir tahun 2014, namun pada tahun 2013 pengalihan kontrol keamanan akan selesai dilangsungkan dan tidak akan ada lagi aktivitas pasukan asing di negara itu.

Pasukan internasional telah berperang lebih dari sepuluh tahun melawan Taliban dan militan-militan lain yang memungkinkan al-Qaida beroperasi di Afghanistan dan merencanakan serangan 11 September. Karzai sudah lama mengatakan, terorisme tidak berakar di desa-desa Afghanistan melainkan di luar negara itu, sebuah pernyataan yang merujuk pada negara tetangganya, Pakistan.

Lebih jauh Karzai mengatakan, ia yakin tentara dan polisi Afghanistan akan bisa menangani keamanan. Ia mencoba menghapus kekhawatiran internasional bahwa Afghanistan akan terjerumus pada perang saudara setelah pasukan tempur asing sepenuhnya mundur.
XS
SM
MD
LG