Tautan-tautan Akses

Presiden Joko Widodo Tiba di Berlin


Presiden Joko Widodo tiba di bandara internasional Tegel, Berlin disambut oleh Dubes RI untuk Jerman, Fauzi Bowo (kanan) Minggu malam, 17/4 (foto: courtesy Biro Setpres RI).

Presiden Joko Widodo tiba di bandara internasional Tegel, Berlin disambut oleh Dubes RI untuk Jerman, Fauzi Bowo (kanan) Minggu malam, 17/4 (foto: courtesy Biro Setpres RI).

Dalam kunjungan ke Jerman, menurut rencana Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden Joachim Gauck dan Kanselir Angela Merkel Senin pagi (18/4).

Setelah transit di Abu Dhabi - Uni Emirat Arab, Presiden Joko Widodo Minggu malam (17/4) mendarat di bandara internasional Tegel, Berlin, Republik Federasi Jerman.

Deputi Kepala Protokol Negara Republik Federasi Jerman Kondrat Arzvob Straussenberg, Duta Besar Jerman Untuk Indonesia Georg Witschel dan Duta Besar Indonesia Untuk Jerman Fauzi Bowo ikut menyambut presiden di bandara. Sementara ketika presiden dan rombongan tiba di hotel, puluhan anak-anak Indonesia ikut menyambut sambil menyanyikan lagu "Berkibarlah Benderaku".

Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden Joachim Gauck dan Kanselir Angela Merkel Senin pagi (18/4), dilanjutkan dengan menghadiri Bisnis Forum Indonesia-Jerman yang dihadiri sejumlah CEO perusahaan terkemuka dan juga pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Jerman. Senin sore presiden akan langsung bertolak ke Inggris - negara kedua yang dikunjunginya dalam lawatan ke empat negara di Eropa.

Dalam keterangan pers di Jakarta hari Senin (11/4), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah mengatakan bahwa kunjungan presiden ini tidak saja bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral, khususnya perdagangan, tetapi juga saling tukar informasi intelejen.

Presiden Joko Widodo akan menjadi presiden pertama Indonesia yang melakukan pertemuan dengan tiga pemimpin Uni Eropa, yaitu Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, Presiden Parlemen Eropa Martin Schulz dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker. Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo akan mendiskusikan upaya saling tukar informasi dengan ketiga pemimpin Uni Eropa itu, terutama dalam hal kontra-radikalisme dan kontra-terorisme, yang lebih mengutamakan mendekatan "soft power" lewat metode budaya dan keagamaan.

Sementara dalam bidang perdagangan, nilai perdagangan Indonesia dan Uni Eropa tahun 2015 mencapai 26,14 juta dolar, menjadikan blok negara di Eropa itu sebagai mitra dagang internasional keempat terbesar bagi Indonesia dan sekaligus investor ketiga terbesar di Indonesia.

Menurut keterangan pers yang diterima VOA Minggu malam, kunjungan ke Jerman ini merupakan yang pertama yang dilakukan Joko Widodo dalam kapasitas sebagai presiden. Tapi belasan tahun lalu ketika menjadi pengusaha mebel, Joko Widodo sudah pernah berkunjung ke Jerman dan mengikuti pameran internasional di kota Cologne.

Selepas ke Inggris, Presiden Joko Widodo akan melanjutkan kunjungan ke Belanda dan Belgia. [em]

XS
SM
MD
LG