Tautan-tautan Akses

Presiden Jokowi Buka Munas Partai Hanura di Solo

  • Yudha Satriawan

Presiden Jokowi dan pimpinan PDIP Megawati Soekarno Putri saat menghadiri Munas II Partai Hanura di Solo (13/2/2015).

Presiden Jokowi dan pimpinan PDIP Megawati Soekarno Putri saat menghadiri Munas II Partai Hanura di Solo (13/2/2015).

Presiden Jokowi menghadiri Musyawarah Nasional Munas II Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura di Solo. Tampak pula ketua umum berbagai partai politik di Koalisi Indonesia Hebat maupun Koalisi Merah Putih.

Presiden Joko Widodo memukul gong sebagai tanda peresmian pembukaan Munas II Partai Hanura di Solo, Jumat malam (13/2). Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengatakan selalu mempertanyakan segala kebijakan atau keputusan pada hati nuraninya. Menurut Presiden, Hati Nurani sumber kemuliaan.

“Hati nurani menjadi langkah saya dalam menjalani atau melakukan kebijakan di pemerintahan. Semua selalu saya tanyakan pada hati nurani saya sendiri. Kalau hati nurani saya tidak klop dengan apa yang saya lakukan, berarti langkah saya itu ada yang tidak benar. Saya yakin itu, makanya kadang membutuhkan waktu yang agak lama. Biarkan hati nurani saya memilih dan menentukan. Nanti pada saatnya akan saya putuskan kebijakan saya,”kata Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat, Wiranto, saat menggelar Munas tersebut mengungkapkan dalam Munas partai ini mengundang berbagai pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat maupun Koalisi Merah Putih.

“Munas menjadi keputusan tertinggi di partai ini. Saya sangat senang Presiden Jokowi bisa hadir dan membuka secara resmi Munas II Partai Hanura di Solo. Tema Munas kali ini bersama hati nurani kita gerakkan revolusi mental. Ini kan temanya sesuai dengan apa yang dicanangkan Presiden Jokowi, revolusi mental. Kita ingin bekerja sama dengan pemerintahan Presiden Jokowi. Kita juga undang berbagai pimpinan partai politik dari Koalisi Indonesia Hebat maupun Koalisi Merah Putih. Kita ingin mereka bersatu di sini,” kata Wiranto.

Ketua umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, mengatakan kehadirannya di Munas Partai Hanura karena selama ini Partai Hanura menjadi partai pendukung langkah PDI-P terutama dalam Pemilu Presiden hingga menjalankan roda pemerintahan kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Saya datang ke Solo ini karena diundang dalam Munas II Partai Hanura. Selama ini partai Hanura menjadi partai yang mendukung langkah dan bekerja sama dengan PDI-Perjuangan sejak mengusung Ir. Jokowi dalam Pilpres dan memenangkannya hingga memeperoleh jabatan sebagai Presiden saat ini,” kata Megawati.

Dari pantauan di lokasi Pembukaan Munas II Partai Hanura itu, tampak sejumlah pimpinan partai politik antara lain dari Golkar (Akbar Tandjung, Agung Laksono, Nurdin Halid), PKS (Anis Matta), PPP (Rohammunurz), PKB (Muhaimin Iskandar), Nasdem (Surya Paloh), dan yang lainnya. Selain itu, tampak pula sejumlah menteri dari kabinet kerja. Munas Partai Hanura akan berlangsung hingga dua hari mendatang.

XS
SM
MD
LG