Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Joko Widodo Langsungkan Pertemuan Bilateral di Sela-sela KTT AS-ASEAN


Presiden Joko Widodo disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala BIN Sutiyoso di California, Minggu sore (14/2).

Presiden Joko Widodo disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala BIN Sutiyoso di California, Minggu sore (14/2).

Menjelang KTT AS-ASEAN di Sunnylands Center and Gardens, California Senin siang (15/1), Presiden Joko Widodo terlebih dahulu mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Laos Choummaly Sayasone dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pertemuan bilateral itu akan membahas berbagai isu, termasuk soal undangan Vietnam agar Indonesia berkenan mengunjungi negara itu. Selain Perdana Menteri Nguyen Tan Dung, ikut hadir pula Menteri Urusan Perencanaan dan Investasi Bui Quang Vinh, Menteri Perdagangan Vu Huy Hoang, Wakil Menteri Urusan Keamanan Publik To Lam, Wakil Menteri Pertahanan Nguyen Chi Vinh, Wakil Menteri Luar Negeri Le Hoai Trung, Wakil Ketua Kantor Pemerintah Nguyen Xuan Thanh dan beberapa pejabat lain.

Belum ada informasi tentang pertemuan dengan Presiden Laos Choummaly Sayasone.

Menurut pernyataan pers yang diterima VOA Senin pagi (15/2), KTT AS-ASEAN akan dibuka sekitar jam tiga sore waktu setempat. Hari pertama KTT ini akan difokuskan pada isu ekonomi, dengan tema besar "Promosi Inovasi, Komunitas Ekonomi Kewirausahaan ASEAN" yang akan dihadiri oleh Presiden Barack Obama dan seluruh pemimpin negara ASEAN. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan sesi pertama ini akan membahas tentang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), teknologi informasi komunikasi, digital ekonoi dan beberapa topik lain. Tiga CEO perusahaan raksasa di Amerika yaitu CEO IBM, CEO Microsoft dan CEO Cisco, yang diundang khusus oleh Presiden Obama, akan hadir pada bagian terakhir sesi pertama ini.

Presiden Joko Widodo menurut rencana juga akan menghadiri “working dinner” di Sunnylands Historic House, dimana akan dilangsungkan diskusi terbuka antar kepala negara/pemerintahan tentang rencana strategis di kawasan. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG