Tautan-tautan Akses

Presiden IOC Yakin Olimpiade Sochi akan Aman


Presiden IOC, Thomas Bach yakin bahwa pemerintah Rusia akan mampu mengamankan Olimpiade Sochi 2014 nanti (foto: dok).

Presiden IOC, Thomas Bach yakin bahwa pemerintah Rusia akan mampu mengamankan Olimpiade Sochi 2014 nanti (foto: dok).

Presiden IOC, Thomas Bach mengemukakan hal ini hari Senin (30/12), menyusul ledakan bom di Volgograd 650 KM timur laut Sochi yang menelan banyak korban.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach hari Senin (30/12) mengemukakan rasa percaya penuh pada pemerintah Rusia mampu menyediakan pengamanan dan jaminan yang diperlukan bagi olimpiade musim dingin di Sochi. Thomas Bach mengemukakan hal ini menyusul ledakan bom di Volgograd 650 KM timur laut Sochi yang menelan banyak korban.

Ketua Komite Olimpiade Rusia, Alexander Zhukov menjelaskan, ledakan bom di Volgograd itu tidak memaksa pihaknya mengambil langkah pengamanan tambahan di Sochi sebab semua yang dibutuhkan untuk mengamankan olimpiade itu sudah dilakukan.

Rene Fasel, presiden federasi hoki-es internasional mengatakan, pengamanan di Sochi akan mirip dengan yang dilakukan di Salt Lake City ketika kota ini menjadi tuan-rumah olimpiade musim dingin tahun 2002 hanya beberapa bulan setelah serangan teroris 11 September 2001 di Amerika. Ia menegaskan olimpiade jangan sampai menyerah pada ancaman teroris.

Gerhard Heiberg, anggota IOC asal Norwegia dan seorang di antara pengurus olimpiade musim dingin tahun 1994 di Lilehammer mengatakan, ia tidak heran terjadi ledakan bom menjelang olimpiade Sochi. Namun ia percaya akan pengamanan yang dilakukan pihak Russia.

Dan British Olympic Association (BOA) mengatakan, pihaknya terus memantau situasi di Volgograd dan tetap berhubungan dengan Kementerian Luar Negeri, kepolisian, IOC dan lembaga-kembaga pemerintah serta atlit. Sementara itu, pihaknya terus melakukan persiapan bagi olimpiade Sochi dan merasa yakin Russia dapat mengamankan keadaan sebaik mungkin.
XS
SM
MD
LG