Tautan-tautan Akses

Presiden India Rampungkan Lawatan ke Vietnam


Presiden India Pranab Mukherjee (kiri) bersama Presiden Vietnam Truong Tan Sang di Hanoi (15/9).

Presiden India Pranab Mukherjee (kiri) bersama Presiden Vietnam Truong Tan Sang di Hanoi (15/9).

Presiden India Pranab Mukherjee merampungkan lawatan kenegaraan selama empat hari ke Vietnam hari Rabu (17/9).

Presiden India Pranab Mukherjee merampungkan lawatan kenegaraan selama empat hari ke Vietnam dan pulang setelah menandatangani sejumlah perjanjian penting dan sebuah resolusi bersama tentang Laut Cina Selatan.

Selama kunjungannya ke Vietnam, kedua pihak menandatangani perjanjian dalam sektor bisnis pertahanan, hubungan pengangkutan lewat udara, dan eksplorasi minyak termasuk nota kesepakatan antara ONGC Videsh dan Petro Vietnam untuk eksplorasi minyak di dua lokasi di lepas pantai Vietnam.

Kedua negara itu juga melansir resolusi bersama yang menyerukan navigasi yang bebas di wilayah perairan Laut China Selatan, yang sedang dipersengketakan oleh Vietnam dan beberapa negara lain dengan China.

China hari Selasa mengatakan tidak akan mengakui perjanjian eksplorasi minyak tersebut karena melingkupi wilayah yang diklaim sebagai miliknya.

Belum jelas di mana letak kedua lokasi eksplorasi minyak itu. China sebelumnya juga menentang lokasi-lokasi lain yang dialokasikan Vietnam kepada perusahaan India tersebut.

XS
SM
MD
LG