Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Haiti Imbau AS: Kirim Bantuan Lewat Pemerintah, Bukan LSM


Presiden Haiti Michel Martelly berjabat tangan dengan Presiden Obama di Ruang Oval Gedung Putih di Washington, DC (6/2/2014).

Presiden Haiti Michel Martelly berjabat tangan dengan Presiden Obama di Ruang Oval Gedung Putih di Washington, DC (6/2/2014).

Presiden Haiti Michel Martelly mengatakan kepada VOA pemerintahnya telah minta kepada Amerika untuk mengubah cara dana bantuan dikirim ke Haiti. Ia minta agar bantuan disalurkan melalui pemerintah, bukan LSM.

Dalam wawancara Jumat di Kantor Pusat VOA di Washington, Presiden Martelly mengakui bahwa alasan mengapa dana bantuan umumnya diberikan melalui LSM adalah karena maraknya korupsi di Haiti dan “tidak ada kepercayaan pada sistem Haiti”. Tetapi katanya, sudah ada perubahan.

Empat tahun setelah Haiti hancur oleh gempa bumi tahun 2010, masih ada keluhan-keluhan mengenai lambannya laju rekonstruksi, dan timbul pertanyaan-pertanyaan tentang kemana perginya dana bantuan milyaran dolar yang dijanjikan.

Presiden Martelly mengatakan kepada VOA siaran bahasa Creole, Haiti tidak menerima semua bantuan itu, tetapi tidak menerima semua yang telah dijanjikan membuat Haiti lebih terlibat dalam melakukan semuanya atas usaha sendiri. Ia mengatakan “kemampuan untuk melakukannya sendiri” merupakan mentalitas baru yang perlu dikembangkan Haiti.

Presiden Martelly berada di Washington untuk menghadiri National Prayer Breakfast, Kamis. Setelah acara itu ia bertemu dengan Presiden Amerika Barack Obama di Gedung Putih.
XS
SM
MD
LG