Tautan-tautan Akses

Presiden Gabon Dilantik Setelah Pemilu yang Disengketakan


Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba.

Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba.

Keluarga Ondimba telah menguasai negara penghasil minyak di Afrika Tengah itu selama 49 tahun.

Ali Bongo Ondimba telah dilantik menjadi Presiden Gabon untuk masa jabatan tujuh tahun kedua, setelah memenangkan pemilihan ulang dengan selisih suara tipis dalam pemungutan suara yang disengketakan.

Pada pelantikan hari Selasa (27/9), Ondimba mengatakan ia bertekad akan membela konstitusi dan bersikap adil terhadap seluruh rakyat. Dia menyerukan dialog politik, tetapi kandidat pihak oposisi Jean Ping menolak tawaran itu, menuduh partai berkuasa pimpinan Bongo melakukan kecurangan.

Kemenangan Ondimba dengan jumlah kurang dari 6.000 suara telah mengakibatkan sorotan yang tidak diinginkan atas presiden yang keluarganya telah menguasai negara penghasil minyak di Afrika Tengah itu selama 49 tahun.

Mandatnya yang kedua mendapat sambutan dingin dari Uni Afrika dan PBB, sementara Uni Eropa menyatakan keprihatinan bahwa penghitungan suara tidak transparan.

Mahkamah Konstitusi Gabon hari Sabtu menolak permohonan Ping untuk penghitungan suara ulang dan meratifikasi hasilnya.

Amerika Serikat mengakui keputusan itu namun menyerukan agar rincian prosesnya harus diumumkan.

Protes disertai kekerasan terjadi di seluruh Gabon ketika hasil pemilu awal diumumkan tanggal 27 Agustus. Sedikitnya enam orang tewas dalam bentrokan antara para demonstran dan pasukan keamanan. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG