Tautan-tautan Akses

Presiden Dominika Diperkirakan Menang Pilpres


Presiden Republik Dominika, Danilo Medina menyalami pendukungnya setelah memberikan suara dalam pemilu hari Minggu (16/5).

Presiden Republik Dominika, Danilo Medina menyalami pendukungnya setelah memberikan suara dalam pemilu hari Minggu (16/5).

Presiden Republik Dominika, Danilo Medina tampaknya memenangkan masa jabatan yang kedua dalam pemilu hari Minggu (16/5).

Presiden Republik Dominika, Danilo Medina tampaknya siap memenangkan masa jabatan yang kedua, karena hasil awal pemilu hari Minggu (16/5) memberinya cukup suara untuk menghindari pemilu putaran kedua.

Hasil dari separuh lebih TPS-TPS di negara pulau itu menunjukkan Danilo Medina unggul kira-kira 62 persen suara. Pesaing terdekatnya, pengusaha Luis Abinader, mengumpulkan kira-kira 35 persen suara .

Hasil akhir diperkirakan keluar hari Senin malam waktu setempat.

Partai Pembebasan Demokrat pendukung Danilo Medina yang beraliran tengah telah berkuasa selama 12 tahun, memenangkan empat dari lima pemilihan presiden terakhir.

Danilo Medina mendapat manfaat dari ekonomi yang tumbuh tujuh persen pada tahun lalu. Tapi lebih dari 40 persen dari 10 juta penduduk Republik Dominika hidup dalam kemiskinan.

Pada tahun 2015, Danilo Medina, yang saat itu dibatasi dengan satu kali masa jabatan presiden selama empat tahun, telah mendorong perubahan undang-undang pemilu yang memungkinkannya untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. [zb/ii]

XS
SM
MD
LG