Tautan-tautan Akses

Presiden Djibouti Menangkan Masa Jabatan ke-4


Presiden Ismail Omar Guelleh (Foto: dok)

Presiden Ismail Omar Guelleh (Foto: dok)

Menteri Dalam Negeri Djibouti mengumumkan bahwa Presiden Ismail Omar Guelleh telah memenangkan pemilihan presiden dengan hampir 87 persen suara, Jumat (8/4).

Menteri Dalam Negeri Hassan Omar Mohamed mengatakan kepada VOA penghitungan suara sudah selesai dan Presiden Guelleh telah menang langsung dalam pemilihan babak pertama, dan memberinya satu masa jabatan lima tahun lagi, masa jabatan keempatnya berturut-turut sejak tahun 1999.

Saingan terdekatnya adalah Omar Elmi Khaire dari Perserikatan Penyelamatan Nasional, yang memperoleh hanya tujuh persen suara.

Beberapa partai oposisi menentang hasil pemilihan itu, dengan mengatakan sebagian pemilih ditolak di TPS. Para tokoh oposisi telah mengeluh mengenai kekejaman polisi dalam pekan-pekan menjelang pemilihan presiden itu, dan mengatakan media meliput mereka dengan tidak adil.

Djibouti sangat kecil, tetapi negara itu mempunyai pengaruh internasional karena letaknya sebagai pelabuhan di Teluk Aden, salah satu rute perkapalan paling ramai di dunia. Pangkalan militer Amerika di Djibouti adalah pangkalan permanen satu-satunya di Afrika. [gp]

XS
SM
MD
LG