Tautan-tautan Akses

Presiden Dewan Eropa: Euro Tetap Kuat dan Stabil


Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy

Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy

Van Rompuy mengatakan di Beijing, euro adalah mata uang cadangan kedua di dunia dan jauh lebih kuat dibanding dengan yuan Tiongkok.

Presiden Dewan Eropa Herman Van Rompuy mengatakan euro adalah mata uang yang kuat dan stabil, walaupun masalah keuangan melanda beberapa negara Eropa.

Van Rompuy mengatakan kepada hadirin di ibukota Tiongkok, Beijing, hari Selasa bahwa euro adalah mata uang cadangan yang kedua di dunia dan dibanding dengan yuan Tiongkok, euro bahkan terlalu kuat.

Negara-negara Barat telah menuduh Tiongkok menjaga yuan terlalu rendah nilainya, yang membuat barang ekspor Tiongkok mempunyai keunggulan yang tidak pantas. Tetapi, Tiongkok mengemukakan bahwa kenaikan yang cepat nilai yuan akan merusak industri-industri ekspornya.

Juga hari Selasa, pejabat tertinggi Uni Eropa itu bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao untuk membicarakan hubungan ekonomi dan perdagangan. Wen mengatakan Tiongkok yakin mengenai kestabilan dan kemakmuran Eropa.

Van Rompuy mengatakan ia membahas hak azasi manusia dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Wen, setelah membahas masalah tersebut dengan Presiden Hu Jintao hari Senin.

XS
SM
MD
LG