Tautan-tautan Akses

Presiden China Janjikan Hubungan Kokoh dengan Venezuela


Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro, dalam pertemuan di Istana Miraflowers, Caracas (20/7).

Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro, dalam pertemuan di Istana Miraflowers, Caracas (20/7).

Dalam kunjungan di Venezuela, kedua belah pihak akan menandatangani serangkaian kesepakatan kerja sama keuangan, pembangunan infrastruktur, pertanian dan teknologi tinggi.

China dan Venezuela telah sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral, dalam apa yang dikatakan media pemerintah Beijing sebagai "prestasi besar" perlawatan selama seminggu Presiden Xi Jinping di Amerika Latin.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan Xi dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro sepakat di Caracas untuk membentuk "kemitraan strategis komprehensif" antara negara-negara mereka.

Kedua pemimpin juga menandatangani beberapa kesepakatan minyak dan mineral, termasuk $ 4 miliar untuk dana pengembangan bersama dan hampir $ 700 juta untuk mengeksplorasi cadangan emas dan tembaga Venezuela.

Perlawatan Xi, yang juga mencakup persinggahan di Brazil dan Argentina, merupakan bagian dari strategi China untuk menjangkau negara-negara Amerika Latin yang kaya sumber daya yang kadang-kadang dijauhi oleh Amerika Serikat.

Pemimpin China itu sekarang di Kuba, di mana ia berharap untuk memperluas hubungan politik dan ekonomi dengan sesama negara komunis. Xi berencana untuk bertemu dengan Presiden Raul Castro hari Selasa. Ada spekulasi pemimpin China itu juga akan bertemu dengan pemimpin revolusi yang sudah pensiun, Fidel Castro.

XS
SM
MD
LG