Tautan-tautan Akses

Presiden China akan Kunjungi AS September 2015


Presiden AS Barack Obama bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan di Beijing bulan November lalu (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan di Beijing bulan November lalu (foto: dok).

Kantor berita China, Xinhua mengatakan Presiden Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan resminya ke Amerika bulan September.

Waktu kunjungan itu diumumkan setelah Presiden China Xi Jinping berbicara di telepon dengan Presiden Amerika Barack Obama.

Xinhua melaporkan “dalam percakapan itu kedua pihak sepakat untuk membuat persiapan penuh guna memastikan kesuksesan kunjungan tersebut”.

Gedung Putih mengatakan Presiden Obama mendesak Presiden Xi untuk mendorong negaranya lebih jauh lagi mengarah ke “konsumsi yang memicu pertumbuhan dan nilai mata uang yang ditentukan oleh pasar”. Presiden Obama juga menekankan kembali komitmennya untuk mencapai perjanjian investasi bilateral dengan China.

Gedung Putih mengatakan Presiden Obama dan Presiden Xi juga membahas keamanan dunia maya dan perundingan internasional yang dipimpin Amerika dengan Iran mengenai program nuklirnya.

Amerika belum lama ini menyampaikan tuduhan-tuduhan serangan dunia maya yang dilancarkan oleh para peretas China terhadap sasaran perusahaan-perusahaan dan pemerintah Amerika. China membantah tuduhan-tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG