Tautan-tautan Akses

Presiden China Ikut Antri Beli Bakpao


Para pelanggan memfoto menu bakpao daging yang dipesan oleh Presiden Xi Jinping di restoran Qing-Feng di Beijing, China (29/12).

Para pelanggan memfoto menu bakpao daging yang dipesan oleh Presiden Xi Jinping di restoran Qing-Feng di Beijing, China (29/12).

Presiden China Xi Jinping hari Sabtu (28/12) mengagetkan pengunjung lainnya saat mampir ke toko bakpao dan ikut mengantri makan siang seperti pembeli biasa lainnya.

Presiden China Xi Jinping tidak disangka-sangka mengunjungi toko bakpao di mana ia mengantri, memesan dan membayar bakpao isi daging dan sayur.

Pada hari Sabtu (28/12) saat jam makan siang, sebuah toko bakpao Qing Feng, rantai restoran pinggir jalan di kota tua Beijing yang terkenal karena bakpao lezat yang dikukus, mendapat kejutan besar karena kedatangan seorang pengunjung terkenal.

Pengunjung yang memesan enam bakpao berisi daging babi, hati goreng dan sepiring daun mustard seharga 21 Yuan (sekitar Rp 42.500) tak lain adalah orang yang paling berkuasa di Cina, Presiden Xi Jinping.

Setelah melihat Xi, pembeli lainnya berfoto bersama presiden itu. "Xi Jinping membeli bakpao seharga 21 Yuan untuk makan siang" segera menjadi headline situs media di China, antara lain Beijing News.

Kunjungan pejabat tinggi tanpa protokol semacam ini sangat jarang, bahkan tidak pernah dilakukan pejabat tinggi China, yang biasanya dikawal ketat petugas keamanan dan tidak biasa berbaur dengan masyarakat selain dalam acara-acara yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Manajer restoran mengatakan, Presiden Xi Jinping tidak disertai dengan rombongan pengawal keamanannya, dan bahwa restorannya tidak ditutup untuk melayani kunjungan mengejutkan itu, dan bahkan tetap melayani pelanggan lainnya seperti biasa.

Xi yang diangkat menjadi presiden bulan Maret lalu, ingin menunjukkan dirinya berhubungan dengan warga biasa tapi hanya melakukannya lewat kunjungan-kunjungan yang sudah dijadwalkan di pabrik-pabrik dan rumah-rumah warga.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG