Tautan-tautan Akses

Presiden China dan PM Jepang Adakan Pembicaraan Resmi


Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersalaman dalam pertemuan di Beijing, di sela-sela KTT APEC (10/11).

Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersalaman dalam pertemuan di Beijing, di sela-sela KTT APEC (10/11).

Xi memberitahu Abe bahwa China berharap Jepang akan terus menempuh jalan perkembangan damai dan mengambil kebijakan militer dan keamanan yang baik.

Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah bertemu untuk mengadakan pembicaraan resmi untuk pertama kalinya sejak kedua pemimpin tersebut memangku jabatan masing-masing pada 2013 dan 2012.

Pembicaraan itu diadakan Senin (10/11) di Balai Agung Rakyat di Beijing, di sela-sela konferensi tingkat tinggi (KTT) Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Kantor berita pemerintah China, Xinhua, mengatakan Xi memberitahu Abe bahwa China berharap Jepang akan terus menempuh jalan perkembangan damai dan mengambil kebijakan militer dan keamanan yang baik.

Abe mengatakan pertemuannya dengan Presiden China adalah langkah pertama dalam perbaikan hubungan dengan China.

Kedua pemimpin bertemu tiga hari setelah China dan Jepang sepakat untuk meningkatkan dialog, langkah yang dapat menjadi suatu terobosan dalam hubungan yang sudah lama sangat dingin antara ekonomi kedua dan ketiga terbesar di dunia itu.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan Jumat, kedua pihak setuju untuk “secara lambat laun melanjutkan dialog keamanan, diplomatik, dan politik” dan “melakukan usaha untuk membina perasaan saling pecaya secara politik.

XS
SM
MD
LG