Tautan-tautan Akses

AS

Presiden China Akan Lakukan Kunjungan Kenegaraan ke AS


Presiden China Xi Jinping (Foto: dok)

Presiden China Xi Jinping (Foto: dok)

Jadwal kunjungan pada September itu diumumkan setelah Xi berbicara di telepon dengan Presiden AS Barack Obama.

Kantor berita pemerintah China Xinhua mengatakan Presiden Xi Jinping akan membuat kunjungan kenegaraan pertamanya ke Amerika Serikat pada September.

Jadwal kunjungan itu diumumkan setelah Xi berbicara di telepon dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

"Dalam pembicaraan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk membuat persiapan penuh untuk menjamin keberhasilan kunjungan ini," menurut laporan Xinhua.

Gedung Putih mengatakan Obama mendesak mitranya di China untuk mendorong negaranya lebih jauh menuju "pertumbuhan yang didorong konsumsi dan nilai pertukaran yang ditentukan pasar." Presiden Amerika Serikat juga menegaskan komitmennya untuk mencapai traktat investasi bilateral dengan Beijing.

Gedung Putih mengatakan Obama dan Xi juga membahas keamanan dunia maya dan negosiasi-negosiasi internasional yang dipimpin AS dengan Iran mengenai program senjata nuklirnya.

AS baru-baru ini telah meningkatkan tuduhan atas serangan dunia maya yang diluncurkan peretas China terhadap perusahaan-perusahaan Amerika dan target-target pemerintah. China telah menyangkal tuduhan-tuduhan tersebut.

Gedung Putih, Selasa (10/2) mengumumkan pembentukan lembaga federal untuk menganalisis ancaman dunia maya dan mengkoordinir strategi untuk memeranginya.

XS
SM
MD
LG