Tautan-tautan Akses

Presiden Burma Umumkan Perombakan Kabinet


Presiden Burma Thein Sein hari Senin (27/8) mengumumkan perombakan kabinet besar-besaran untuk mempercepat agenda reformasi di Burma (foto: dok).

Presiden Burma Thein Sein hari Senin (27/8) mengumumkan perombakan kabinet besar-besaran untuk mempercepat agenda reformasi di Burma (foto: dok).

Presiden Burma hari Senin mengumumkan perombakan kabinet besar-besaran, sebuah langkah yang disebut para analis bertujuan memajukan agenda reformasi di negara yang dulu terkucil itu.

Perombakan ini adalah yang terbesar sejak pemerintahan Presiden Thein Sein mengambil alih kekuasaan dari junta militer pada Maret 2011, dan lalu menerapkan serangkaian langkah reformasi yang membuat negara-negara Barat melonggarkan sanksi-sanksi.

Situs resmi presiden Senin malam menyebutkan perombakan mencakup sembilan dari puluhan posisi kabinet. Pemerintahan itu juga menunjuk 15 wakil menteri baru.

Diantara perubahan besar itu adalah digantinya mantan Menteri Informasi Kyaw Hsan, yang dianggap sebagai tokoh garis keras. Ia diganti Menteri Buruh dan Kesejahteraan Sosial Aung Kyi, yang selama ini juga bertindak sebagai penghubung antara pemerintah dan pemimpin oposisi pro demokrasi Aung San Suu Kyi.

Kementerian Informasi mengawasi media lokal dan asing serta industri film, dan juga mengawasi persetujuan visa bagi wartawan asing.

Pernyataan presiden itu tidak menyebut semua menteri baru, tetapi beberapa menteri yang diganti – yang umumnya dianggap reformis – akan digeser ke empat posisi setingkat menteri di kantor kepresidenan.
XS
SM
MD
LG