Tautan-tautan Akses

Presiden Bouteflika Dominasi Politik Aljazair


Abdelaziz Bouteflika diperkirakan akan memenangkan masa jabatan keempat sebagai Presiden Aljazair (foto: dok).

Abdelaziz Bouteflika diperkirakan akan memenangkan masa jabatan keempat sebagai Presiden Aljazair (foto: dok).

Abdelaziz Bouteflika yang berusia 77 tahun diperkirakan luas akan memenangkan masa jabatan keempat sebagai Presiden Aljazair, meskipun sedang mengalami masalah kesehatan.

Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika termasuk salah satu kandidat yang bersaing memperebutkan kursi kepemimpinan mendatang negara Afrika Barat yang kaya minyak itu, sementara para pemilih memberikan suara mereka dalam pemilu presiden, Kamis.

Presiden berusia 77 tahun itu diperkirakan luas akan memenangkan masa jabatan keempat, meskipun masalah kesehatan menghalanginya berkampanye.

Bouteflika hanya beberapa kali sempat muncul di hadapan publik sejak mengalami stroke tahun lalu. Ia memberikan suaranya Kamis dengan mengenakan kursi roda di sebuah TPS di Aljiers.

Pada 2009, ia meraih 90 persen suara.

Presiden itu mendapat dukungan Partai Front Pembebasan Nasional yang berkuasa.

Meskipun ia populer, ada protes sporadis menentang pencalonannya kembali. Sejumlah pendukung oposisi menyerukan pemboikotan pemilu.

Bouteflika merebut kekuasaan pada 1999, menjelang akhir perang saudara yang menghadapkan para ekstremis Islam dan pemerintah dukungan militer. Pada 2008, ia mengamandemen konstitusi yang memungkinkan pemilihan kembali tanpa batas presiden yang berkuasa.

Para analis mengatakan, saingan terkuat Bouteflika adalah mantan perdana menterinya, Ali Benflis, seorang kandidat oposisi terkemuka.
XS
SM
MD
LG