Tautan-tautan Akses

Presiden Baru Zambia Perlu Perawatan di Luar Negeri


Presiden Zambia Edgar Lungu (kiri) dalam suatu acara di Lusaka (foto: dok).

Presiden Zambia Edgar Lungu (kiri) dalam suatu acara di Lusaka (foto: dok).

Presiden Zambia Edgar Lungu jatuh pingsan hari Minggu (8/3) di ibukota Lusaka, ketika sedang memimpin peringatan Hari Perempuan Internasional.

Para dokter di Zambia mengatakan presiden yang baru terpilih Edgar Lungu memerlukan perawatan di luar negeri untuk suatu kondisi yang menyebabkan dia jatuh di depan umum hari Minggu.

Kantor presiden Zambia mengatakan Lungu menderita akalasia, penyakit yang menyebabkan penyempitan saluran makanan dan dan komplikasi yang dapat mencakup nyeri dada dan kesulitan menelan makanan dan air.

Sebuah pernyataan hari Senin (9/3) mengatakan para dokter telah merekomendasikan agar Presiden Lungu menjalani prosedur medis berteknologi tinggi yang tidak tersedia di Zambia dan telah dirujuk untuk perawatan khusus di luar negeri.

Presiden Lungu, 58 tahun, awalnya didiagnosis menderita malaria dan kelelahan setelah ia pingsan di ibukota, Lusaka, ketika memberikan pidato untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Asistennya, Amos Chanda, mengatakan bahwa pemeriksaan lanjutan memastikan Presiden Lungu sesungguhnya menderita kadar gula darah yang rendah.

Lungu memangku jabatan sebagai presiden bulan Januari lalu setelah meninggalnya mantan presiden Michael Sata, yang meninggal di London pada akhir Oktober 2014 karena sakit berkepanjangan.

XS
SM
MD
LG