Tautan-tautan Akses

Presiden Baru Tanzania Dilantik


Presiden Tanzania baru John Magufuli, kanan tengah, menerima ucapan selamat dari Presiden Rwanda Paul Kagame, kiri tengah saat upacara pelantikan. (AP Photo/Khalfan Said)

Presiden Tanzania baru John Magufuli, kanan tengah, menerima ucapan selamat dari Presiden Rwanda Paul Kagame, kiri tengah saat upacara pelantikan. (AP Photo/Khalfan Said)

Presiden baru Tanzania, John Magufuli, dilantik hari Kamis (5/11), meskipun hasil pemilu yang berlangsung tanggal 25 Oktober lalu itu masih terus dipertentangkan.

Dalam pidato singkat Magufuli berjanji untuk bekerja keras melaksanakan janji-janji yang dibuatnya ketika berkampanye.

Magufuli juga mengimbau seluruh rakyat Tanzania agar bersatu. Ia mengatakan "kita semua pemenang karena pemilu berakhir damai. Kini kita harus bersatu demi kepentingan negara kita yang lebih luas."

Beberapa presiden negara Afrika menghadiri upacara pelantikan itu, termasuk Presiden Rwanda Paul Kagame, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, dan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe.

Pemilu itu memperpanjang kekuasaan Partai CCM yang lama atas jabatan Presiden dan dalam DPR.

Kelompok oposisi, yang memboikot upacara pelantikan hari Kamis, mengatakan pemilu presiden diwarnai kecurangan dan menolak hasil pemilu, dan kawasan Zanzibar yang semi otonom membatalkan hasil pemilunya karena dugaan kecurangan.

Para pengamat Uni Eropa mengatakan pemilihan umum itu terorganisasi dengan baik tapi mengatakan kurangnya transparansi mengurangi kepercayaan oposisi pada proses pemilu tersebut.

Magufuli adalah presiden ke lima Tanzania sejak negara itu merdeka dari Inggris tahun 1961. Tidak seperti negara-negara lain di Afrika, peralihan kekuasaan di Tanzania berlangsung damai. Presiden Jakaya Kikwete mundur tahun ini setelah dua kali masa jabatan. [my/ka]

XS
SM
MD
LG