Tautan-tautan Akses

Presiden Baru Paraguay Dilarang Hadiri KTT Blok Perdagangan Amerika Selatan


Para pemimpin negara Amerika Selatan menghadiri KTT Blok Perdagangan Regional Mercosur di Uruguay (Foto: dok). Mercosur melarang Presiden baru Paraguay menghadiri KTT Mercosur di Argentina, pekan ini.

Para pemimpin negara Amerika Selatan menghadiri KTT Blok Perdagangan Regional Mercosur di Uruguay (Foto: dok). Mercosur melarang Presiden baru Paraguay menghadiri KTT Mercosur di Argentina, pekan ini.

Mercosur, Blok perdagangan Amerika Selatan, melarang presiden baru Paraguay, Frederico Franco, menghadiri KTT di Argentina.

Blok perdagangan Amerika Selatan, Mercosur, telah melarang presiden baru Paraguay, Frederico Franco, menghadiri pertemuan puncak yang akan diadakan dalam waktu dekat, setelah tergulingnya Presiden Fernando Lugo.

Mercosur mengatakan Paraguay tidak akan diizinkan untuk ikut serta dalam pertemuan pekan ini di Argentina. Pernyataan Mercosur, yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri Argentina, mengutarakan kutukan paling kuat kelompok itu atas pecahnya sistem demokrasi di Paraguay.

Lugo mengatakan ia akan menghadiri pertemuan puncak Mercosur. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Paraguay yang baru diangkat Jose Fernandez mengatakan ia akan mewakili Paraguay dalam pertemuan puncak itu.

Para anggota parlemen di Paraguay memutuskan pekan lalu untuk memberhentikan Lugo, setelah penggusuran yang gagal pemukiman liar buruh tani yang menewaskan beberapa orang. Sesuai dengan undang-undang dasar Paraguay, Lugo digantikan oleh Wakil Presiden Franco, yang telah menjadi penentang kuat presiden itu.

Lugo mengutuk penggulingannya sebagai kudeta parlemen.

Pemimpin terguling itu mengatakan ia juga akan mewakili Paraguay dalam pertemuan puncak regional lainnya, pertemuan UNASUR di Peru bulan depan. Paraguay saat ini memegang kepresidenan kelompok kawasan itu. Lugo mengatakan ia telah berkomunikasi dengan Peru, yang akan menjadi presiden berikut kelompok itu, mengenai dipercepatnya tanggal pengalihan.

Sementara itu, Presiden Venezuela Hugo Chavez, mengatakan pemerintahnya akan menghentikan ekspor bahan bakar ke Paraguay. Brazil dan Argentina telah menarik dutabesar mereka dari Paraguay, sementara Venezuela, Bolivia, Ekuador, dan Kuba telah mengatakan mereka tidak akan mengakui pemerintahan baru itu.

Para pengecam pemberhentian itu mengeluh bahwa pengacara Lugo hanya diberi waktu beberapa jam unuk membelanya di Senat, yang memilih dengan suara 39 lawan empat untuk memberhentikan Lugo.

Presiden terguling itu adalah mantan uskup Gereja Katholik yang terpilih tahun 2008 dengan janji akan membantu kaum miskin dan membagi-bagikan tanah dengan adil.
XS
SM
MD
LG