Tautan-tautan Akses

Presiden Baru Nigeria Bersumpah Bebaskan Gadis-gadis Chibok


Presiden Muhammadu Buhari tiba dalam pelantikannya di Abuja, Nigeria, Jumat (29/5).

Presiden Muhammadu Buhari tiba dalam pelantikannya di Abuja, Nigeria, Jumat (29/5).

Presiden baru Nigeria Muhammadu Buhari mengatakan Nigeria tidak dapat mengklaim kemenangan atas kelompok militan Boko Haram jika tidak menyelamatkan siswi-siswi yang diculik tahun lalu dari kota Chibok.

Buhari mengatakan dalam pidato pelantikannya hari Jumat bahwa 219 remaja putri, yang diculik pada April 2014, harus diselamatkan. Ia menyebut Boko Haram sebagai kelompok tak berakal dan tak bertuhan yang jauh dari ajaran Islam.

Buhari, yang menggantikan Goodluck Jonathan, adalah orang Nigeria pertama yang mengalahkan presiden yang sedang menjabat, dalam suatu pemilu. Ia diambil sumpahnya dalam suatu upacara meriah di ibukota, Abuja, dikelilingi oleh spanduk-spanduk yang menampilkan warna hijau dan putih bendera Nigeria.

Ia juga mengakui masalah-masalah ekonomi Nigeria, termasuk di antaranya tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan. Ia berjanji akan mengatasi masalah kelangkaan listrik yang kronis.

Upacara itu dihadiri puluhan kepala negara. Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry memimpin satu delegasi dari Amerika Serikat.

Goodluck Jonathan juga hadir dalam upacara itu. Ia tersenyum dan mengenakan topi khasnya sewaktu berdiri di samping penggantinya sambil mengikuti upacara pelantikan.

XS
SM
MD
LG