Tautan-tautan Akses

Presiden Bank Dunia Akan Mengundurkan Diri Bulan Juni


Presiden Bank Dunia Robert Zoellick (Foto: dok).

Presiden Bank Dunia Robert Zoellick (Foto: dok).

Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick, akan mengundurkan diri setelah masa jabatannya selama lima tahun berakhir tanggal 30 Juni mendatang.

Robert Zoellick mengumumkan pengunduran dirinya hari Rabu, dengan mengatakan ia puas bahwa organisasi yang bermarkas di Washington itu telah memperluas programnya selama masa jabatannya, dengan meminjamkan 247 milyar dolar kepada negara-negara berkembang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan membantu mengatasi kemiskinan.

Menurut Zoellick, Bank Dunia telah melakukan reformasi, dengan cara yang menjadikan institusi itu lebih cepat, lebih efektif dan lebih terbuka.

Belum ada nama pengganti yang diumumkan oleh dewan gubernur bank tersebut. Berdasarkan sebuah kesepakatan tidak resmi sejak bank tersebut didirikan 68 tahun lalu, Presiden Bank Dunia selalu warga Amerika, sementara Kepala Badan Moneter Internasional IMF selama ini adalah warga Eropa.

IMF saat ini dikepalai oleh mantan menteri keuangan Perancis Christine Lagarde. Amerika adalah pemegang saham terbesar Bank Dunia.

Sebelum menjadi sebagai Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick yang berusia 58 tahun telah memegang jabatan sebagai Wakil Perdagangan Amerika dan Wakil Menteri Luar Negeri semasa pemerintahan mantan presiden George W. Bush.

XS
SM
MD
LG