Tautan-tautan Akses

AS

Presiden AS, Ketua DPR Bicarakan Jurang Fiskal


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS John Boehner membahas jurang fiskal dengan Presiden AS Barack Obama. (Foto: Dok)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS John Boehner membahas jurang fiskal dengan Presiden AS Barack Obama. (Foto: Dok)

Presiden Barack Obama melakukan pembicaraan mengenai jurang fiskal dengan Ketua DPR John Boehner.

Perundingan di Amerika untuk menghindari apa yang disebut jurang fiskal beralih ke Gedung Putih, sementara waktu semakin menipis sebelum negara menghadapi pemangkasan anggaran belanja dan peningkatan pajak secara otomatis.

Para pembantu Presiden Barack Obama mengatakan, Obama menjamu tokoh penting Partai Republik di Kongres, yakni ketua DPR John Boehner Minggu (9/12). Pembicaraan itu merupakan yang pertama antara kedua pemimpin sejak pemilu presiden Amerika awal bulan lalu.

Para staff di kantor ketua DPR mengukuhkan pertemuan itu. Tidak ada satupun dari kedua pihak mengungkapkan rincian pembicaraan, namun mereka mengatakan jalur-jalur komunikasi masih terbuka.

Pertemuan itu berlangsung menyusul komentar-komentar sebelumnya hari ini dari sejumlah anggota parlemen yang mengisyaratkan bahwa sebuah kompromi mungkin akan dicapai.

Tanpa kesepakatan, mulai Januari pajak akan meningkat untuk semua kelompok pendapatan, sementara anggaran belanja dalam negeri dan militer akan dipangkas pada semua tingkatan. Para pakar ekonomi mengatakan kebijakan ekonomi ketat itu bisa mengakibatkan Amerika mengalami resesi.
XS
SM
MD
LG