Tautan-tautan Akses

Presiden Argentina Tak Akan Maju Lagi dalam Pemilihan


Presiden Argentina Cristina Fernandez dalam sebuah acara kenegaraan di Buenos Aires (25/5). (AP/Natacha Pisarenko)

Presiden Argentina Cristina Fernandez dalam sebuah acara kenegaraan di Buenos Aires (25/5). (AP/Natacha Pisarenko)

Banyak yang menduga Fernandez mungkin enggan meninggalkan pemerintahan sepenuhnya dan banyak yang berspekulasi dia mungkin memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai anggota Kongres.

Presiden Argentina Cristina Fernandez tidak akan mencalonkan diri kembali ketika masa jabatannya yang kedua berakhir 10 Desember, menepis spekulasi baru-baru ini bahwa dia mungkin akan mencalonkan diri sebagai anggota Kongres.

Tenggat untuk mencalonkan diri telah lewat Sabtu tengah malam (20/6), dan nama Fernandez tidak muncul dalam daftar kandidat apapun. Dia dilarang oleh konstitusi Argentina untuk mencalonkan diri sebagai presiden untuk masa jabatan ketiga.

Banyak yang menduga Fernandez mungkin enggan meninggalkan pemerintahan sepenuhnya setelah menduduki jabatan publik selama lebih dari dua dasawarsa dan banyak yang berspekulasi dia mungkin memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai anggota Kongres dari provinsi Buenos Aires.

Puteranya, Maximo Kirchner, mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dari provinsi Santa Cruz. Dia adalah putera Fernandez dan mendiang
Nestor Kirchner, yang pernah menjabat sebagai presiden sebelum digantikan isterinya.

Fernandez diperkirakan masih sangat berpengaruh dalam koalisi Front Kemenangan sayap kiri-tengah yang telah mendukung kebijakannya mengenai intervensi pemerintah dalam ekonomi.

XS
SM
MD
LG