Tautan-tautan Akses

Presiden Argentina Rayakan 10 Tahun Berkuasa


Presiden Argentina Cristina Fernandez menyampaikan pidato dalam rangka peringatan 10 tahun pemerintahannya di hadapan para pendukungnya di Buenos Aires, Argentina (25/5).

Presiden Argentina Cristina Fernandez menyampaikan pidato dalam rangka peringatan 10 tahun pemerintahannya di hadapan para pendukungnya di Buenos Aires, Argentina (25/5).

Presiden Argentina Cristina Fernandez berpidato di hadapan ribuan warga dalam perayaan 10 tahun pemerintahannya, Sabtu malam (25/5).

Presiden Argentina Cristina Fernandez menyebut 10 tahun pemerintahannya sebagai kemenangan satu dekade “yang tidak saja dimenangkan oleh pemerintah tetapi juga oleh rakyat”.

Pemilu tahun ini akan menentukan apakah Cristina Fernandez memiliki cukup suara di Kongres untuk mencabut konstitusi tentang pembatasan masa jabatan dan memperpanjang kepemimpinannya setelah tahun 2015. Namun Sabtu malam (25/5), Fernandez mengatakan bahwa ia tidak akan mengupayakan hal itu.

“Saya tidak abadi dan saya tidak ingin demikian,” demikian ungkap Presiden Argentina itu. Ia menambahkan bahwa menyeret para pelanggar HAM ke pengadilan dan mensejahterakan kaum miskin akan tetap menjadi tujuan pemerintahannya.

Kelompok oposisi menyerang tema “kemenangan” ini dengan mengatakan masa pertumbuhan ekonomi yang kuat telah berakhir, dan menambahkan jika ini yang disebut kemenangan, maka Argentina berada dalam masalah besar.

Cristina Fernandez dan mendiang suaminya – Nestor Kirchner – memulai era keterbukaan sosial, pengurangan utang luar negeri dan penanaman modal pemerintah yang bertentangan dengan privatisasi dan apapun yang bersifat kapitalisme yang menjadi ciri Argentina pada tahun 1990-an.
XS
SM
MD
LG