Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Tolak Persetujuan Keamanan dengan AS


Presiden Afghanistan Hamid Karzai saat berbicara dalam pertemuan dewan konsultatif Loya Jirga di Kabul, Afghanistan (24/11). (AP/Rahmat Gul)

Presiden Afghanistan Hamid Karzai saat berbicara dalam pertemuan dewan konsultatif Loya Jirga di Kabul, Afghanistan (24/11). (AP/Rahmat Gul)

Hamid Karzai mengatakan akan menyerahkan isu ini kepada penggantinya setelah pemilihan presiden April mendatang.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menegaskan kembali bahwa ia tidak akan menandatangani sebuah pakta keamanan dengan Amerika sampai negara itu sepakat untuk mengakhiri serangan terhadap rumah-rumah di Afghanistan dan melakukan mediasi bagi sebuah proses perdamaian dengan Taliban.

Kedua syarat itu mutlak bagi perjanjian keamanan, ujar Karzai, Sabtu (14/12), di New Delhi, hari kedua dari lawatan tiga hari ke India.

Lewat pakta keamanan itu, pasukan Amerika akan tetap di Afghanistan setelah 2014 untuk membantu melatih pasukan Afghanistan dalam perang mereka melawan Taliban.

Amerika mengatakan Karzai harus menandatangani pakta itu pada akhir tahun ini atau Amerika tidak punya pilihan kecuali menarik semua pasukannya setelah 2014.

Dewan Agung Afghanistan atau Loya Jirga, telah mendesak Karzai untuk menandatangani pakta itu, namun ia mengatakan akan menyerahkan isu ini kepada penggantinya setelah pemilihan presiden April mendatang.
XS
SM
MD
LG