Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Tinjau Provinsi yang Dimasuki ISIS


Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Presiden Afghanistan, Minggu (10/1), pergi ke provinsi Nangarhar, Afghanistan timur dan bertemu dengan para pejabat dan pemuka suku meninjau keprihatinan karena kemajuan ISIS di provinsi yang berbatasan dengan Pakistan itu.

Dalam pidatonya pada pertemuan di ibukota Jalalabad, Ghani menekankan bahwa pemerintah bertekad untuk mencegah ISIS menegakkan pangkalan-pangkalan di Afghanistan dan bahwa kementerian pertahanan akan meningkatkan pemboman pangkalan-pangkalan ISIS di provinsi itu.

Ia mengatakan demikian setelah gubernur provinsi itu memberitahunya serangan udara yang sedang berlangsung oleh pasukan keamanan nasional dan pertahanan Afghanistan dengan kuat menghadapi ancaman ISIS dan mendesak Ghani agar meningkatkan serangan anti-ISIS.

ISIS, yang menguasai sebagian wilayah Suriah dan Irak, telah memperoleh pendukung di Afghanistan, terutama di Achin, Nazyan dan daerah-daerah tetangganya di provinsi Nangarhar.

“ISIS tidak mempunyai tempat di tanah-air kita. Kita menghendaki mereka tewas,” kata Ghani.

Militan ISIS hari Jumat memenggal kepala 7 orang di daerah Achin. Ketika mereka sedang melakukan eksekusi di hadapan penduduk desa setempat, pesawat yang diduga pesawat tak berawak Amerika menyerang daerah itu yang menewaskan paling sedikit 17 laskar ISIS, menurut pemerintah provinsi itu. [gp]

XS
SM
MD
LG