Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan: Perjanjian Keamanan dengan Amerika akan Ditandatangani Tepat Waktu


Menteri Pertahanan Amerika di Kabul, Afghanistan, 7 Desember 2013.

Menteri Pertahanan Amerika di Kabul, Afghanistan, 7 Desember 2013.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel bertemu dengan menteri pertahanan Afghanistan di Kabul hari Sabtu dan tidak berencana bertemu dengan Presiden Karzai.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan menteri pertahanan Afghanistan telah meyakinkannya bahwa perjanjian keamanan dengan Amerika yang belum ditandatangani oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan ditandatangani pada “tepat waktu.”

Hagel bertemu dengan Menteri Pertahanan Bismillah Khan Mohammad di Kabul hari Sabtu. Menteri pertahanan Amerika itu mengatakan ia tidak merencanakan bertemu dengan Presiden Karzai.

Hagel mengatakan majelis agung Afghanistan, atau Loya Jirga, telah mendesak Karzai untuk menandatangani perjanjian itu.

Karzai menolak menandatangani perjanjian keamanan itu, yang menghendaki sebagian tentara Amerika tetap berada di Afghanistan setelah 2014 untuk membantu melatih pasukan Afghanistan dalam perjuangan melawan Taliban.

Karzai mengatakan dia ingin penggantinya untuk memutuskan perjanjian keamanan itu setelah pemilihan presiden Afghanistan bulan April mendatang.

Amerika mengatakan Karzai harus menandatangani perjanjian itu sebelum akhir tahun ini, atau Amerika nantinya tidak punya pilihan selain menarik mundur seluruh pasukannya setelah 2014.
XS
SM
MD
LG