Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Minta Pasukannya Hentikan Pelanggaran HAM


Presiden Afghanistan Hamid Karzai meminta pasukan keamanannya mengakhiri pelanggaran HAM (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai meminta pasukan keamanannya mengakhiri pelanggaran HAM (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai meminta kepada pasukan keamanannya agar menjaga tingkah laku mereka dan mengakhiri penyiksaan dan pelanggaran hak azasi rakyat Afghanistan.

Presiden Karzai dalam pidatonya di parlemen Afghanistan, Rabu (6/3) menyatakan bahwa pasukan Afghanistan melanggar hak azasi rakyat mereka sendiri, yang membuat lebih sulit baginya untuk membicarakan masalah tersebut saat pelanggaran dilakukan oleh orang asing.

Ungkapan Karzai itu merupakan perubahan pidato Karzai yang sebelumnya hanya menyalahkan pasukan asing atas pelanggaran HAM di negaranya.

Menurut Karzai, semula ia tidak meyakini adanya laporan tentang penyiksaan tahanan yang dilakukan oleh pasukan keamanannya.

Karzai juga telah menyalahkan pasukan operasi khusus Amerika bersama pasukan Afghanistan atas beberapa insiden yang dituduhkan di provinsi Wardak, dan telah menmerintahan penarikan pasukan operasi khusus Amerika di sana. Para pejabat Amerika mengatakan mereka tengah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.
XS
SM
MD
LG