Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan ke Washington untuk Lakukan Pembicaraan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai meninggalkan Kabul hari Senin (7/1) menuju Amerika Serikat untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai sedang dalam perjalanan menuju ke Amerika guna melakukan pembicaraan soal masa depan Afghanistan pasca penarikan pasukan tempur Amerika tahun depan.

Dalam kunjungan tiga hari ini, Presiden Karzai akan bertemu dengan Presiden Barack Obama dan pejabat-pejabat tinggi Amerika lainnya.

Pembicaraan diperkirakan akan dipusatkan pada transisi keamanan, ekonomi dan politik, peralatan dan penguatan pasukan Afghanistan, upaya-upaya merundingkan perdamaian dengan gerilyawan yang dipimpin Taliban, dan kesepakatan keamanan bilateral antara Afghanistan dan Amerika.

Para pejabat Amerika dan Afghanistan kini sedang menentukan berapa banyak personil militer Amerika yang akan tetap dipertahankan di Afghanistan setelah pasukan tempur internasional meninggalkan negara itu tahun depan.

Sekitar 68.000 tentara Amerika kini berada di Afghanistan. Para pejabat militer telah menyerukan untuk tetap membiarkan sekitar 15.000 tentara Amerika di kawasan itu untuk melatih tentara Afghanistan melawan teroris setelah tahun 2014.
XS
SM
MD
LG