Tautan-tautan Akses

Presiden China Sampaikan Ucapan Selamat untuk Trump


Presiden China Xi Jinping saat membuka KTT G20 di Hangzhou, China, 4 September 2016 (REUTERS/Mark Schiefelbein/Pool).

Presiden China Xi Jinping saat membuka KTT G20 di Hangzhou, China, 4 September 2016 (REUTERS/Mark Schiefelbein/Pool).

Stasiun televisi pemerintah CCTV mengatakan, Presiden Xi Jinping dan Donald Trump, Senin (14/11), sepakat untuk bertemu sesegera mungkin untuk membahas hubungan antara kedua negara.

Presiden China menyampaikan ucapan selamat kepada presiden Amerika Serikat terpilih atas kemenangnya dalam pemilu baru-baru ini dalam pembicaraan lewat telepon pertama mereka.

Stasiun televisi pemerintah CCTV mengatakan, Xi Jinping dan Donald Trump, Senin (14/11), sepakat untuk bertemu sesegera mungkin untuk membahas hubungan antara kedua negara.

Sebuah pernyataan dari kantor Trump di New York mengatakan, “Selama pembicaraan telepon, kedua pemimpin menunjukkan rasa saling hormat dan presiden terpilih Trump menyatakan, ia yakin mereka akan menjalin salah satu hubungan yang paling kuat sehingga kedua negara akan bisa melangkah maju.”

Menurut CCTV, Xi mengatakan kepada Trump, “Fakta membuktikan bahwa kerjasama adalah satu-satunya pilihan yang benar bagi China dan AS.”

Selama kampanye presiden AS yang belum lama berakhir, Trump mengkritik keras praktik dagang dan manipulasi mata uang yang dilakukan China. Trump mengatakan, China memandang AS sebagai pihak yang mudah diperdaya. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG