Tautan-tautan Akses

Presenter Vicko, Berlebaran dengan Seafood dan Lobster


Altaf Vicko lebaran di New York

Altaf Vicko lebaran di New York

Presenter televisi dan model Altaf Vicko mempunyai pengalaman menarik saat merayakan lebaran di kota New York, beberapa hari yang lalu. Vicko yang sedang menikmati liburan di Amerika, tetap menjalankan ibadah puasa yang sangat panjang. Walaupun Vicko harus menjalankan puasa selama sekitar 17 jam, dengan waktu sahur pukul 4 pagi dan buka puasa pukul 8.30 malam, namun Vicko tetap kuat menjalankan ibadah ini.

Untuk merayakan Idul Fitri, Vicko melaksanakan sholat Ied di Masjid Al Hikmah di wilayah Long Island City, New York. Masjid yang dimiliki oleh komunitas Muslim Indonesia di kota New York ini mulai digunakan sejak tahun 1990an dengan dukungan dana dari masyarakat dan pemerintah Indonesia.

Altaf Vicko

Altaf Vicko

"Walau jauh di negeri orang, ternyata suasana Idul Fitri di Masjid ini tidak jauh dengan suasana di Indonesia," ujar Vicko saat ditemui Producer/Program Director VOA, Naratama, sebelum menjalankan ibadah sholat Ied. "Saya sempat bertanya ke Pak Agus pengurus masjid yang mengurus zakat. Untuk zakat setiap orang wajib membayar $12," tambah Vicko yang tampak senang berada di antara komunitas Indonesia.

Sholat Idul Fitri dimulai pukul 9 pagi. Dihadiri oleh sekitar 2.000 jamaah yang datang dari berbagai etnis dan asal negara. Mereka dengan khusuk mengikuti ceramah berbahasa Inggris seusai sholat dilaksanakan.

"Nah ini yang menarik, kalau di Indonesia, setelah sholat Ied, kita semua langsung pulang kerumah orang tua, atau keluarga. Dan sungkem sambil silaturahmi. Di sini, setelah sholat Ied, semua justru berkumpul di masjid. Saling salaman dan dapat makan, gratis," jelas Vicko sambil mulai mengantri makanan. "Ada nasi, sate dan gulai kambing dan ini yang seru, ada seafood, udang dan kerang. Di sini tidak ada sambal goreng ati, ketupat, opor ayam. Tapi ada seafood. Beda banget sama di Indonesia ya," kata Vicko sambil mulai menikmati makanan.

Altaf Vicko

Altaf Vicko

Tak lama kemudian, Vicko sempat kaget, ternyata di meja sebelah disajikan makanan Lobster. Walau jumlahnya tidak banyak namun tampak beberapa orang menikmati lobster yang cukup besar. Vicko pun sempat berbincang dengan Pak Djaja, ketua pengurus masjid untuk Ramadan. "Kita menyediakan makanan untuk semua orang, juga para tetangga dan teman-teman dari berbagai negara. Ini ajang silaturahmi, setelah Ramadan," kata pak Djaja.

Seusai silaturahmi di masjid, Vicko diundang ke kediaman Ibu Rukmini Meraxa, warga Indonesia di New York yang menyediakan makanan lebaran ketupat, opor ayam, rendang, emping dan es teler. "Akhirnya bisa juga mencicipi makanan ketupat opor ayam, Alhamdulillah. Titip salam untuk teman-teman di Indonesia ya. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin," ujar Vicko menutup obrolan.

XS
SM
MD
LG