Tautan-tautan Akses

Presiden Obama akan Berpidato Soal Ekonomi dan Lapangan Kerja


Obama dijadwalkan akan memberikan pidato mengenai ekonomi dan pekerjaan di AS 8 September mendatang (foto:dok).

Obama dijadwalkan akan memberikan pidato mengenai ekonomi dan pekerjaan di AS 8 September mendatang (foto:dok).

Mundur sehari dari jadwal semula akibat berselisih dengan ketua DPR dari partai Republik, Obama akan mengumumkan rencana menggalakkan ekonomi dan pekerjaan, 8 September.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia akan mengumumkan rencana untuk menggalakkan pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan dalam pidatonya dihadapan Kongres tanggal 8 September.

Waktu penyampaian pidato itu baru disepakati hari Rabu, setelah perselisihan terbuka dengan Ketua DPR John Boehner, tokoh terkemuka fraksi Republik dalam DPR.

Obama, seorang Demokrat, tadinya meminta para tokoh Kongres untuk mengadakan sidang gabungan Senat dan DPR untuk pidatonya tanggal 7 September. Tetapi, tidak lama setelah permohonannya diumumkan, ketua DPR Boehner menjawab dengan meminta Obama agar menangguhkan pidatonya satu hari.

Boehner mengatakan akan sangat sulit menyetujui sidang gabungan Kongres pada waktunya untuk pidato Rabu berikutnya setelah reses. Obama menyetujui usul Boehner beberapa jam kemudian, dengan mengatakan ia memusatkan perhatian pada kebutuhan mendesak untuk menciptakan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi, dan ia tidak sabar menunggu waktunya untuk menantang para tokoh Kongres untuk mulai memusatkan 100 persen perhatian mereka untuk membantu rakyat Amerika.

Pernyataan itu juga mengatakan Ketua DPR Boehner telah diminta pendapatnya mengenai waktu penyampaian pidato itu sebelum tanggal 7 September diumumkan.

Semula pidato Obama dijadwalkan bersamaan waktunya dengan jadwal perdebatan televisi di antara para kontestan calon Presiden dari partai Republik.

Pidato Obama tanggal 8 September akan bersamaan waktu dengan pertandingan resmi pertama musim pertandingan football Amerika yang akan ditayangkan televisi secara langsung ke seluruh Amerika.

XS
SM
MD
LG