Tautan-tautan Akses

Prediksi Pemenang Oscar dari Blogger Film Hollywood Rama Tampubolon


Blogger film Rama Tampubolon menjagokan 'Gravity' untuk meraih Film Terbaik di ajang Oscar.

Blogger film Rama Tampubolon menjagokan 'Gravity' untuk meraih Film Terbaik di ajang Oscar.

Warga Indonesia di California, Rama Tampubolon, pemimpin redaksi Rama’s Screen, sebuah blog yang mengulas film-film Hollywood, punya prediksi tersendiri.

Karpet merah sudah digelar. Patung-patung Oscar berwarna emas berukuran besar juga sudah terpajang di sepanjang pintu masuk Dolby Theatre, tempat akan dilaksanakannya ajang perfilman paling bergengsi, the Academy Awards yang ke 86 atau Oscars 2014.

Siapa-siapa sajakah yang akan membawa pulang piala Oscar tahun ini? Warga Indonesia di California, Rama Tampubolon, yang juga adalah pemimpin redaksi Rama’s Screen, yaitu sebuah blog yang mengulas film-film Hollywood, punya prediksi tersendiri.

Menurut Rama, aktor Matthew McConaughey memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa menang di kategori pemeran pria terbaik.

"Hollywood suka cerita tentang comeback kid atau cerita tentang orang yang reinvent themselves, kayak Ben Affleck contohnya. Ben Affleck waktu itu kan bertahun-tahun jadi aktor di film-film yang kita nggak suka. Tapi dia reinvent himself menjadi director yang hebat. Matthew McConaughey juga begitu. Bukan lagi (main di film) romantic comedy dia reinvent dirinya sendiri jadi aktor drama yang serius yang bagus dan sekarang dia udah mendapat award dari kiri dari kanan dan dia akan menang Oscar," ujar pria kelahiran tahun 1983 ini.

Berlanjut ke pemeran wanita terbaik, Rama memiliki jagoan tersendiri.

"Maunya Sandra Bullock. Karena 'Gravity.' Saya senang performance-nya di Gravity, " ujar pria yang sudah sering mewawancara artis-artis Hollywood ini.

Walaupun menjagokan Sandra Bullock, Rama memprediksi kalau Cate Blanchett-lah yang akan membawa pulang piala Oscar.

"Semua tanda mengarah kepada Cate Blanchett (di) 'Blue Jasmine.' Tapi, Sandra Bullock saya senang," kata Rama.

Beralih ke kategori pemeran pembantu pria terbaik. Siapakah yang akan menang di kategori ini?

"Jared Leto. Luar biasa performancenya di 'Dallas Buyers Club.' Dia memainkan karakter transgender, dia juga seperti Matthew McConaughey. Berat badannya juga turun, jadi kurus sekali. Waktu nonton dia layar lebar, kamu tidak lihat Jared Leto, (tapi) kamu lihat karakter dia. Itu hebatnya Jared Leto di 'Dallas Buyers Club,'" ujarnya.

Rama menjagokan Jared Leto, yang akan bersaing dengan aktor Barkhad Abdi, Bradley Cooper, Michael Fassbender, dan Jonah Hill. Walaupun memang sebelumnya aktor Barkhad Abdi sudah menang di ajang BAFTA (British Academy of Film and Television Arts).

"Barkhad Abdi hebat di 'Captain Philips' Tapi Jared Leto levelnya lebih di atas Barkhad Abdi."

Salah satu kategori yang agak sulit diprediksi menurut Rama adalah kategori pemeran pembantu wanita terbaik.

"Agak susah karena semuanya pantas menang, Tapi semua tanda mengarah ke Lupita Nyong'o dari '12 Years A Slave. Saya pikir dia bakal menang," lanjut Rama.

Yang terakhir, untuk kategori yang paling bergengsi di ajang Oscar yaitu kategori film terbaik, apa prediksi Rama?

"Favorit saya 'Gravity.' Tapi kayaknya semua tanda-tanda mengarah ke '12 Years A Slave," ujar Rama. 'Gravity' jadi favoritnya karena film itu lain daripada yang lain.

Rama menyamakan film 'Gravity' dengan 'Jaws,' yang membuat para penontonnya menjadi takut akan laut, karena ada hiu.

"Saya tidak mau jadi astronot lagi. Efeknya baru untuk saya, dan teknologinya juga luar biasa. Jadi saya mau sesuatu yang unik seperti 'Gravity' untuk menang Oscar," jelasnya.

"'12 Years A Slave' bagi saya walaupun memang bagus sekali drama itu, tapi ceritanya sudah (di)kenal. Tentang perbudakan. It’s a well-made film. Memang bagus sekali dibuatnya, tapi '12 Years A Slave' (sudah) menang Golden Globe, BAFTA, jadi saya pikir itu bakal menang Oscar," kata Rama menutup wawancaranya dengan VOA.

Ajang Academy Awards yang ke-86 atau Oscars 2014 akan diselenggarakan di Dolby Theatre, pukul 4 sore waktu Hollywood. Untuk kedua kalinya pembawa acara Ellen DeGeneres akan menjadi membawakan acara perfilman bergengsi ini.
XS
SM
MD
LG