Tautan-tautan Akses

Partai Sayap Kiri Pimpin Perolehan dalam Pemilu Gubernur di Meksiko


Polisi Acapulco sedang beraksi memberantas kekerasan terkait narkoba yang sering terjadi di kawasan wisata ini (foto: dok).

Polisi Acapulco sedang beraksi memberantas kekerasan terkait narkoba yang sering terjadi di kawasan wisata ini (foto: dok).

Kampanye pemilu gubernur pertama di Meksiko ini diwarnai kekerasan dan tuduhan penyuapan oleh masing-masing kandidat.

Hasil awal pemilihan gubernur di negara bagian Guerrero, Meksiko, menunjukkan Angel Aguirre dari Partai Revolusi Demokratis (PRD) yang bersayap kiri memimpin.

Setelah setidaknya 45 persen surat suara terhitung di negara bagian pantai Pasifik tersebut, Aguirre mendapat sekitar 57 persen suara hari Minggu malam sedangkan saingannya Manuel Anorve, dari Partai Revolusioner Institusional (PRI) yang dulu berkuasa, mendapat 42 persen.

PRI sedang mencoba meraih kembali kekuasaan politik di Meksiko. Aguirre adalah bekas anggota PRI yang baru-baru ini pindah ke PRD. Anorve dari PRI mundur dari jabatannya sebagai walikota Acapulso untuk maju dalam pencalonan gubernur negara bagian.

Pemilihan Guerrero adalah yang pertama dari sejumlah pemilu gubernur di Meksiko tahun ini, dan menjadi laga untuk pemilu presiden tahun 2012.

Negara bagian Guerrero terkenal dengan kawasan pariwisata Acapulco, yang dalam beberapa tahun terakhir dilanda kekerasan terkait narkoba.

Kampanye pemilu diwarnai kekerasan, dan para kandidat saling menuduh masing-masing melakukan penyuapan dan memiliki hubungan dengan gang-gang narkoba.

XS
SM
MD
LG