Tautan-tautan Akses

Prajurit Israel yang Ditawan Hamas Bisa Bebas dalam Beberapa Hari


Prajurit Israel Gilad Shalit kemungkinan akan bebas hari Selasa (18/10), setelah ditahan Hamas selama 5 tahun lebih.

Prajurit Israel Gilad Shalit kemungkinan akan bebas hari Selasa (18/10), setelah ditahan Hamas selama 5 tahun lebih.

Pemimpin Hamas Khaled Meshaal mengatakan sebagai imbalannya Israel akan membebaskan 1.027 tahanan warga Palestina.

Para pejabat Israel dan Palestina mengatakan Gilad Shalit, anggota tentara Israel yang ditangkap dapat dibebaskan sedini Selasa berdasarkan kesepakatan pertukaran tahanan yang dirundingkan.

Organisasi berita pada hari Kamis mengutip para pejabat kedua belah pihak mengatakan Shalit mungkin awalnya diterbangkan ke Mesir.

Laporan mengatakan hampir setengah dari 1.027 tahanan Palestina yang dijanjikan Israel akan dibebaskan dalam pertukaran tahanan itu, dapat bebas dalam waktu yang hampir bersamaan dengan bebasnya Shalit.

Sebelumnya, para pejabat Israel dan Palestina mengatakan rencana yang sedang dibahas itu meminta agar para tahanan Palestina dibebaskan dalam beberapa gelombang selama periode dua bulan.

Pada hari Selasa, Israel dan kelompok militan Hamas mengumumkan kesepakatan untuk membebaskan Shalit, yang telah ditahan di Jalur Gaza selama lebih dari lima tahun.

Pemimpin Hamas yang berbasis di Suriah Khaled Meshaal mengatakan sebagai balasannya Israel akan membebaskan tahanan Palestina.

Shalit ditangkap militan Palestina dalam serangan lintas-perbatasan pada tahun 2006 dan membawanya kembali ke Gaza. Penahanannya yang berkepanjangan menjadi duri lain dalam konflik Israel-Palestina.

XS
SM
MD
LG