Tautan-tautan Akses

Prabowo-Hatta Unggul di Aceh

  • Budi Nahaba

Prabowo-Hatta unggul dalam rekapitulasi perhitungan suara Pilpres di Aceh seperti dilaporkan Komisi Independen Pemilihan Aceh di Banda Aceh (18/7).

Prabowo-Hatta unggul dalam rekapitulasi perhitungan suara Pilpres di Aceh seperti dilaporkan Komisi Independen Pemilihan Aceh di Banda Aceh (18/7).

Berdasarkan hasil tabulasi rekapitulasi Komisi Independen Pemilihan Aceh, Jumat (18/7), pasangan Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa mengungguli pasangan Jokowi-Kalla.

Hasil tabulasi rekapitulasi Komisi Independen Pemilihan Aceh (KIP) mendapati perolehan suara pasangan Capres dan Cawapres nomor urut satu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa sebanyak lebih 1 juta suara (1.089.290) di Provinsi Aceh.

Pasangan Prabowo-Hatta meraih lebih 54 persen suara mengungguli pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang hanya meraih lebih 45 atau lebih dari 913 ribu suara (913.309).

Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi memimpin langsung sidang pleno penetapan hasil tabulasi dan rekapitulasi perolehan suara pasangan Capres Cawapres dalam pemilihan umum presiden (pilpres) di provinsi Aceh.

“Apresiasi kami kepada jajaran penyelenggara Pilpres, mulai dari KPPS di level desa hingga kecamatan dan KIP kabupaten kota yang telah menunjukkan tanggungjawab dan dedikasinya,” kata Ridwan.

Secara umum, pelaksanaan Pilpres 9 Juli di Aceh berlangsung cukup aman, tambah Ridwan Hadi.

“Penghargaan kami sampaikan kepada jajaran Polri dan Pangdam Iskandarmuda yang membantu menciptakan stabilitas yang kondusif sehingga Pilpres berjalan dengan baik,” lanjut Ridwan.

Perwakilan KIP di 23 kabupaten kota hadir dan menyerahkan dokumen-dokumen hasil rekapitulasi kepada KIP Aceh di Banda Aceh.

Pleno KIP Aceh terkait penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilpres dihadiri unsur Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh, termasuk Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida plus), diantaranya Kapolda Aceh, Pangdam Iskadarmuda dan sejumlah pejabat terkait.

Warga masyarakat berharap, siapapun presiden dan wakilnya yang kelak akan memimpin akan membawa Indonesia kearah yang lebih sejahtera dan demokratis.

Salman Mardira (27) warga Banda Aceh mengatakan, presiden dan wakil yang kelak menang pemilu harus lebih memperhatikan Aceh.

“Kita yakin karena saat masa kampanye kedua pasangan Capres Cawapres akan menjaga perdamaian dan melanjutkan tugas-tugas pemerintah,” kata Salman.

Sementara menurut analis politik, modalitas pasangan Prabowo-Hatta agak diuntungkan setelah secara resmi pimpinan sebuah partai politik lokal pemenang pemilihan legislatif lalu menyatakan dukungan kepada pasangan nomor urut satu Prabowo-Hatta.

Kemenangan Prabowo-Hatta Rajasa, berdasar hasil rekap KIP Aceh, terutama setelah menang di 16 dari 23 kabupaten kota di Aceh. Sementara pasangan pesaingnya, Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul di tujuh kabupaten kota di Aceh.

Baru pada tanggal 22 Juli pekan depan, hasil rekapitulasi level nasional akan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum KPU Pusat.

XS
SM
MD
LG