Tautan-tautan Akses

Peluang Spanyol Pertahankan Juara Piala Eropa Cukup Besar


Bintang Spanyol Andres Iniesta (kiri) dan Sergi Busquets (kanan) berebut bola dengan Cristiano Ronaldo (tengah) dalam pertandingan persahabatan Spanyol melawan Portugal di Lisbon (foto: dok).

Bintang Spanyol Andres Iniesta (kiri) dan Sergi Busquets (kanan) berebut bola dengan Cristiano Ronaldo (tengah) dalam pertandingan persahabatan Spanyol melawan Portugal di Lisbon (foto: dok).

Posisi tim Spanyol tampaknya cukup baik untuk mempertahankan juara sepak bola Piala Eropa, setelah mengalahkan Serbia dalam pertandingan uji coba.

Dengan turnamen sepakbola kejuaraan Eropa hanya dua minggu lagi, Spanyol dalam posisi cukup baik untuk mempertahankan titel kejuaraan itu dengan mengalahkan Serbia 2-0 dalam pertandingan pemanasan hari Sabtu.

Namun, tidak begitu halnya dengan dua raksasa bola Eropa lainnya : Jerman dikalahkan Swiss 5-3 sementara Belanda dikalahkan Bulgaria 1-2. Jerman dan Belanda berada dalam satu grup Euro 2012 bersama Portugal dan Denmark. Portugal hanya mampu bermain 0-0 melawan Macedonia, sedang Denmark digilas 1-3 oleh Brazil.

Di lain bagian, Inggris di bawah menejer baru Roy Hodgson menang tipis 1-0 dari Norwegia. Semua ini masih dalam bentuk pertandingan persahabatan sekalian pemanasan menjelang Euro 2012 yang akan diadakan di Ukraina dan Polandia. Dan hasilnya menjadi kesempatan kepada peserta piala Eropa 2012 mengkaji strategi maupun susunan pemain yang diturunkan nanti.

Spanyol kelihatan memiliki cukup pemain handalan seperti Fernando Torres, Fernando Llorente, Roberto Soldado dan Alvaro Negredo. Sebagai juara bertahan Spanyol tentu akan menurunkan pemain teras yang umumnya diambil dari Real Madrid dan Barcelona.

Di lain bagian, Jerman yang dikatakan saingan berat Spanyol dalam kejuaraan tahun ini, berintikan pemain Bayern Munchen yang baru saja dikalahkan Chelsea dalam Champions League.

Dalam pertandingan persahabatan lainnya, kesebelasan Denmark dikalahkan Brazil 1-3. Brazil sedang melakukan empat pertandingan di luar negeri sebagai persiapan menghadapi Olimpiade London. Meskipun sudah lima kali juara dunia, Brazil belum pernah meraih juara olimpiade.
XS
SM
MD
LG