Tautan-tautan Akses

Portugal Sahkan Penghematan Anggaran


Parlemen Portigal hari ini menyetujui anggaran pemerintah untuk tahun 2011, yang banyak memangkas berbagai tunjangan sosial.

Parlemen Portigal hari ini menyetujui anggaran pemerintah untuk tahun 2011, yang banyak memangkas berbagai tunjangan sosial.

Pemerintah Portugal memangkas pengeluaran tunjangan sosial dan menaikkan pajak, guna mengendalikan utangnya yang sangat besar.

Portugal menjadi negara Eropa terbaru yang memangkas pengeluaran tunjangan sosial dan menaikkan pajak, guna mengendalikan utang nasionalnya yang sangat besar.

Pemerintah sosialis minoritas Portugal hari Jumat mengesahkan anggaran tahun 2011 yang akan mengurangi pengeluaran publik, termasuk gaji pegawai pemerintah. Pemerintah juga akan menaikkan pajak pertambahan nilai negara itu dua persen, menjadi maksimal 23 persen.

Tindakan parlemen Portugal itu diambil di tengah-tengah kekhawatiran baru keuangan internasional bahwa krisis utang yang dimulai di Yunani dan Irlandia bisa meluas.

Masalah utang berikutnya mungkin melanda Spanyol, yang merupakan penyumbang hampir 12 persen pendapatan domestik bruto (PDB) di kalangan 16 negara pengguna mata uang bersama, euro. Ekonomi Spanyol hampir dua kali lipat dari gabungan ekonomi Yunani, Irlandia dan Portugal.

Tapi Perdana Menteri Spanyol Luis Rodriguez Zapatero dalam wawancara radio mengatakan ia bisa “sepenuhnya” menolak dana talangan bagi Spanyol seperti Yunani atau Irlandia.

XS
SM
MD
LG