Tautan-tautan Akses

Portugal Ajukan Permohonan bagi Dana Talangan


Bank Sentral Eropa, salah satu lembaga yang sedang meninjau permintaan dana talangan Portugal.

Bank Sentral Eropa, salah satu lembaga yang sedang meninjau permintaan dana talangan Portugal.

Portugal meminta pinjaman tiga tahun sebesar 116 miliar dolar AS, yang antara lain dibutuhkan untuk membayar utang negara ini di bulan Juni.

Portugal mengatakan pihaknya telah mulai berbicara dengan para kreditor internasional di Lisabon untuk memperoleh dana talangan.

Para pejabat dari Komisi Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Sentral Eropa akan memeriksa pembukuan keuangan Portugal untuk menentukan apakah langkah penghematan yang lebih besar diperlukan supaya negara tersebut dapat memperoleh pinjaman tiga tahun sebesar 116 miliar dolar AS.

Para pejabat Portugal mengatakan mereka akan membutuhkan kucuran pertama dana sebelum Juni, sewaktu Portugal dijadwalkan membayar utang sebesar tujuh miliar dolar.

Pemerintah Portugal sebelumnya bersikeras bahwa negaranya tidak membutuhkan dana talangan internasional, sebagaimana Yunani dan Irlandia dengan enggan menerima dana talangan tahun lalu. Tetapi, biaya pinjaman Portugal terus meningkat karena perusahaan-perusahaan jasa keuangan menurunkan angka kelayakan kredit negaranya.

XS
SM
MD
LG