Tautan-tautan Akses

Portugal Terima 116 Miliar Dolar Dana Talangan dari Uni Eropa dan IMF


Perdana Menteri Portugal Jose Socrates yang menjabat sementara, berhasil mendapatkan dana talangan bagi negaranya dari Uni Eropa dan IMF.

Perdana Menteri Portugal Jose Socrates yang menjabat sementara, berhasil mendapatkan dana talangan bagi negaranya dari Uni Eropa dan IMF.

Perdana Menteri Jose Socrates berjanji dengan dana talangan ini, tak ada pegawai negeri Portugal yang harus dirumahkan.

Portugal telah menyetujui 116 miliar dolar AS dana talangan dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk membantu ekonominya yang menghadapi masalah yang parah.

Hampir tidak ada keterangan rinci mengenai persetujuan ini, tetapi Perdana Menteri Jose Socrates mengatakan kepada televisi nasional, Selasa, bahwa persetujuan tersebut baik bagi Portugal dan mengamankan negara.

Ia juga mengatakan dana talangan memberi kepada pemerintah lebih banyak waktu untuk memenuhi sasaran defisit anggaran dan bahwa tidak ada pengawai negeri yang akan diberhentikan.

Ke-17 anggota Uni Eropa yang menggunakan euro sebagai mata uang mereka masih harus menyetujui pemberian dana talangan bagi Portugal ini. Tetapi, di Finlandia, pemerintah koalisi berikut kemungkinan besar akan mencakup paling sedikit satu partai politik yang menentang atau meragukan dana talangan Uni Eropa.

Portugal dipaksa berpaling kepada Uni Eropa dan IMF untuk memperoleh bantuan setelah parlemen menolak rencana reformasi ekonomi Socrates, yang mengakibatkan ia kemudia meletakkan jabatannya. Socrates akan tetap pada menjabat sebagai perdana menteri sementara hingga pemilu yang dipercepat diselenggarakan bulan depan.

Portugal adalah anggota Uni Eropa ketiga setelah Yunani dan Irlandia yang meminta dana talangan dalam setahun belakangan ini.

XS
SM
MD
LG