Tautan-tautan Akses

Portugal Beri Penghormatan bagi Ikon Sepakbola Eusebio


Eusebio da Silva Ferreira (kaos merah), legendaris sepakbola Portugal meninggal pada usia 71 tahun (foto: dok).

Eusebio da Silva Ferreira (kaos merah), legendaris sepakbola Portugal meninggal pada usia 71 tahun (foto: dok).

Puluhan ribu warga Portugal hari Senin (6/1) menghadiri penghormatan bagi jenazah Eusebio da Silva Ferreira, legendaris sepakbola Portugal yang meninggal hari Minggu pada usia 71 tahun.

Puluhan ribu orang hari Senin (6/1) hadir dalam penghormatan bagi Eusebio da Silva Ferreira ketika peti jenazah pesepakbola legendaris Portugal itu diangkut dalam iring-iringan pemakaman melewati ruas-ruas jalan di Lisbon.

Warga memadati banyak kantor dan kafe ditengah hujan Senin sore dan bertepuk tangan ketika mobil jenazah yang dikawal sepeda motor polisi melintas. Lalulintas dihentikan di ruas-ruas jalan utama ibukota itu dan iring-iringan berhenti untuk sebuah acara di balai kota.

Sebelumnya, belasan tokoh dan ratusan penggemar yang sebagian menangis berbaris menghampiri peti jenazahnya itu di stadion Benfica, klub di mana Eusebio lama bermain. Sekitar 10.000 penggemar di Stadion Light bersorak dan bernyanyi ketika peti itu ditempatkan ditengah-tengah lapangan.

Pemerintah menyatakan masa berkabung nasional tiga hari setelah kematian Eusebio hari Minggu akibat gagal jantung pada usia 71 tahun.

Pemakaman itu dihadiri Perdana Menteri Portugal Pedro Passos Coelho dan banyak pemain sepakbola termasuk Luis Figo, mantan pemain terbaik dunia dan kapten timnas Portugal yang sudah pensiun.

Eusebio adalah bintang sepakbola internasional dan pahlawan nasional di masa jayanya di tahun 1960an bersama tim Benfica dan timnas Portugal. Ia menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di dunia dan banyak dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Ia dikenal dengan nama Black Panther karena fisik dan kelincahannya.
XS
SM
MD
LG