Tautan-tautan Akses

Poroshenko Siap Temui Para Pemimpin Rusia


Petro Poroshenko dalam konferensi pers di Kyiv (26/5).

Petro Poroshenko dalam konferensi pers di Kyiv (26/5).

Petro Poroshenko mengatakan akan menempuh semua upaya legal untuk mendapatkan kembali wilayah Krimea, yang dianeksasi Rusia Maret lalu.

Kemungkinan pemenang pemilu presiden Ukraina, Petro Peroshenko, mengatakan Senin, ia berharap bertemu para pemimpin Rusia pada paruh pertama bulan Juni dan bahwa memulihkan stabilitas di bagian timur negaranya akan membutuhkan keterlibatan Moskow.

Poroshenko, yang unggul kuat dalam pemilu presiden setelah lebih dari setengah jumlah surat suara dihitung, mengatakan kepada wartawan di Kiev, ia berharap Rusia akan mendukung usaha-usaha untuk mengatasi situasi di bagian timur Ukraina.

Ia menyatakan kembali kesiapannya untuk berbicara dengan para separatis yang telah meletakkan senjata namun menambahkan bahwa ia tidak akan menemui para teroris yang mengancam keamanan negaranya.

Poroshenko juga mengatakan, ia akan menempuh semua upaya legal untuk mendapatkan kembali wilayah Krimea, yang dianeksasi Rusia Maret lalu.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, Senin, bahwa Rusia menghormati pilihan rakyat Ukraina dan siap berdialog dengan Poroshenko. Namun, ia menambahkan, bahwa ia meragukan mediator akan diperlukan dalam pembicaraan dengan kepemimpinan baru Ukraina.

Sementara itu, para pejabat Ukraina mengatakan, Senin, militer telah melangsungkan serangan udara terhadap separatis pro-Rusia yang telah menguasai beberapa bagian dari bandara utama di Donetsk, Ukraina timur.

Para pejabat juga mengatakan pasukan para telah dikerahkan ke bandara itu. Para saksi melaporkan mereka mendengar suara tembakan dan ledakan.
XS
SM
MD
LG