Tautan-tautan Akses

Popularitas Bernie Sanders Melonjak dalam Jajak Pendapat


Tingkat popularitas kandidat Capres Partai Demokrat, Bernie Sanders hampir menyamai Hillary Clinton (foto: dok).

Tingkat popularitas kandidat Capres Partai Demokrat, Bernie Sanders hampir menyamai Hillary Clinton (foto: dok).

Dalam kurun waktu satu tahun, tingkat popularitas kandidat Capres Partai Demokrat, Bernie Sanders dalam jajak pendapat meningkat dari 40 poin di bawah, menjadi hampir setara dengan Hillary Clinton.

Partai Demokrat dan saingannya Partai Republik akan menggunakan konvensi untuk menyajikan pernyataan-pernyataan rinci mengenai apa yang mereka bela dan arah yang mereka kehendaki bagi Amerika.

Komite Nasional Partai Demokrat (DNC) hari Senin (23/5) mengumumkan panel kerangka kerja itu akan mencakup lima wakil yang ditunjuk oleh Sanders dan enam oleh Clinton serta empat lainnya yang dipilih oleh ketua DNC Debbie Wasserman Schultz.

Dalam wawancara dengan kantor berita Associated Press Senin malam, Sanders mengatakan Partai Demokrat harus bersatu untuk mencapai satu sasaran, yaitu mengalahkan Donald Trump.

Sanders mengatakan, "Jika kita hendak mengalahkan Donald Trump yang menurut saya akan menjadi bencana sebagai presiden dan saya akan melakukan segala-galanya untuk mencegah dia menjadi presiden, kita semua harus bekerja sama, dan tugas Anda adalah berkomunikasi dengan rakyat Amerika untuk memenangkan dukungan. Saya yakinkan Anda, memilih saya adalah yang terbaik bagi keluarga dan diri anda."

Sanders yang menyebut dirinya seorang sosialis demokrat meraih sejumlah besar pendukung khususnya dikalangan anak-anak muda, sementara ia mengkampanyekan pesan yang mendukung kesetaraan ekonomi, memastikan perguruan tinggi yang terjangkau dan menyingkirkan pengaruh kepentingan fihak tertentu dari politik dan memperluas layanan sosial.

Sanders berhasil meraih gelombang dukungan itu dan menang dalam pemilihan pendahuluan di 20 negara bagian.

Clinton sejauh ini memimpin persaingan Partai Demokrat dengan memperoleh suara delegasi lebih banyak dari Sanders dan diperkirakan akan memenangkan nominasi kandidat Partai Demokrat ketika enam negara bagian mengadakan pemilihan pendahuluan atau kaukus pada tanggal 7 Juni mendatang. Tim kampanyenya hari Senin mengatakan bahwa Clinton akan memusatkan perhatiannya pada upaya melawan Trump.

Sanders mengatakan pendukungnya mengharapkan kerangka kerja yang akan mewakili kepentingan keluarga pekerja, kalangan miskin dan anak-anak muda dan bukan kepentingan dari Wall Street dan perusahaan-perusahaan besar Amerika. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG