Tautan-tautan Akses

Polusi Sungai Yangtze Timbulkan Kepanikan di Tiongkok


Tercemarnya sungai Yangtse di Tiongkok timur mengancam kebutuhan air jutaan penduduk, termasuk warga Shanghai (foto: dok).

Tercemarnya sungai Yangtse di Tiongkok timur mengancam kebutuhan air jutaan penduduk, termasuk warga Shanghai (foto: dok).

Para pejabat provinsi Jiangsu menemukan bahan kimia phenol yang mencemari Sungai Yangtse dan mengancam kebutuhan air jutaan penduduk.

Pihak berwenang Tiangkok sedang menghadapi kepanikan kedua akibat polusi air dalam kurang dari sebulan, setelah pihak berwenang di Tiongkok timur mengatakan zat asam yang digunakan dalam deterjen telah mencemari aliran air wilayah tersebut.

Media pemerintah melaporkan hari Rabu bahwa para pejabat di provinsi Jiangsu menemukan bahan kimia phenol di Sungai Yangtze, yang mensuplai sebagian besar air untuk kota terpadat di Tiongkok, Shanghai.

Penduduk di kota Zhenjiang mengatakan air leding mereka berbau aneh hari Jumat, yang menyebabkan mereka terpaksa membeli air dalam botol. Para pejabat mengatakan polusi tersebut tidak menyebabkan ancaman kesehatan, dan ada laporan bahwa kualitas air sejak itu telah kembali normal.

Laporan mengatakan pencemaran itu barangkali telah disebabkan pekan lalu oleh kebocoran dari sebuah kapal Korea Selatan.

Insiden itu terjadi hanya beberapa minggu setelah bahan kimia cadmium yang menyebabkan kanker ditemukan di Sungai Liujiang di Tiongkok selatan, yang mengancam kebutuhan air bagi jutaan penduduk.

XS
SM
MD
LG