Tautan-tautan Akses

Polusi Cemari 3 Juta Hektar Lahan Pertanian di China


Seorang petani sedang menanam padi di sawah, di wilayah pedesaan Changsha, provinsi Hunan, China (Foto: dok).

Seorang petani sedang menanam padi di sawah, di wilayah pedesaan Changsha, provinsi Hunan, China (Foto: dok).

Pertumbuhan industri China, terlalu sering menggunakan bahan kimia pertanian dan penegakan hukum lingkungan yang longgar mengakibatkan daerah pedesaan negara itu terpolusi timbal, kadmium, pestisida dan bahan racun lainnya.

Seorang pejabat Kabinet China mengatakan sekitar 3,33 juta hektar lahan pertanian di negara itu terlalu tercemar untuk bercocok tanam.

Wang Shiyuan, wakil menteri lahan dan sumber daya, mengatakan pada konferensi pers hari Senin bahwa pemerintah sedang bekerja pada rencana jangka panjang dan memperkirakan akan menghabiskan miliaran dolar per tahun untuk upaya pembersihan.

Pertumbuhan industri China, terlalu sering menggunakan bahan kimia pertanian dan penegakan hukum lingkungan yang longgar telah mengakibatkan daerah pedesaan di negara itu terpolusi oleh timbal, kadmium, pestisida dan bahan racun lainnya.

Tahun ini, inspektur menemukan kadmium, logam penyebab kanker, pada tingkat berbahaya, dalam beras yang dijual di kota Guangzhou, China selatan. Padi asal beras tersebut ditanam di Henan, daerah penghasil utama logam berat.
XS
SM
MD
LG